Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | SemNas : Mau Dibawa Kemana Penyuluhan Pertanian Indonesia | Rachmad Adi Riyanto, alumni Bidikmisi UNS lulus “ Distinction ” di Inggris | REKRUITMENT UPSUS HORTI 2017 | FAPERTA Gandeng Alumni, Bekali Mahasiswa Agar Sukses Di Dunia Kerja | FAPERTA Motivasi Alumni Menjadi Entrepreneur Muda |

User Prodi Diploma Tiga Agribisnis : Alumni Diploma Tiga Mempunyai Skill dan Sikap Mental Yang Baik

Fakultas Pertanian UNS menerima tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kunjungan dilaksanakan dalam rangka melakukan visitasi reakreditasi Program Studi Diploma Tiga Agribisnis, Rabu – Kamis, 17 – 18 Mei 2017. Asesor dalam visitasi ini adalah Dr. Ir. Hanung Ismono, MP (Universitas Lampung) dan Dr. Ir. Heny KS Daryanto, M.Ec (Institut Pertanian Bogor).

Pada masa pemeringkatan sebelumnya Program studi Diploma Tiga Agribisnis Fakultas Pertanian UNS melalui penetapan SK BANPT No. 007/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/V/2012 mendapatkan peringkat akreditasi A dan berlaku selama lima tahun, dan tahun 2017  perlu dilakukan reakreditasi.

Pentahapan penilaian instrument akreditasi suatu program studi sesuai dengan buku pedoman yang diterbitkan oleh BAN PT adalah dengan  asesmen kecukupan (desk evaluation) dan asesmen lapangan (visitasi). Penilaian instrument akreditasi ditujukan pada tingkat komitmen terhadap kapasitas dan efektivitas program studi yang dijabarkan menjadi 7 standar akreditasi yaitu :

  1. Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaiannya
    2. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu
    3. Mahasiswa dan lulusan
    4. Sumber daya manusia
    5. Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik
    6. Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi
    7. Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama

Ketujuh Standar ini dituangkan dalam 3 Berkas Penilaian yang terdiri dari:
1. Laporan evaluasi-diri program studi
2. Borang akreditasi program studi
3. Borang akreditasi unit pengelola program studi

Hadir saat asesmen lapangan adalah dari beberapa alumni yang telah bekerja di beberapa perusahaan serta dari perusahaan atau badan usaha dimana para alumni menempuh karir (user)  serta mahasiswa. “Selama ini alumni program studi Diploma Tiga FP UNS memiliki kinerja dan sikap mental yang cukup baik, hanya dari institusi perlu memperbanyak training agar mampu menjembatani antara alumni dan dunia usaha (user)” demikian dikemukakan salah satu delegasi dari PT. Tri Jaya Lestari.

Hal senada juga dikemukakan oleh Ir. Mugihardjo dari PT. Tunas Agro Persada bahwa training bagi alumni sangat diperlukan agar alumni mampu beradaptasi dan menyesuakan diri dengan lingkungan kerjanya.

“Training yang dimaksud adalah dengan magang, pelatihan soft skill yang mampu memupuk rasa tanggungjawab dan kerjasama” demikian ditambahkan delegasi dari Tri Jaya Lestari.

Sidiq salah satu mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Agribisnis mengemukakan bahwa selama ini mahasiswa sudah membekali dirinya dengan meningkatkan kemampuan baik akademis maupun soft skill diantaranya dengan program magang mandiri yang dilakukan mahasiswa di beberapa perusahaan saat libur akademis.