Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FAPERTA Diskusikan Restorasi Lahan Gambut | FAPERTA Hadirkan Pakar Pertanian Korea Selatan | Prof. Samanhudi : Alumni Jangan Melupakan Almamater | FAPERTA Selenggarakan Silaturahim Tahunan | FAPERTA Lepas Mahasiswa Asal Vietnam Peserta Program AIMS |

UNS SERIUS KEMBANGKAN SENTRA PISANG DI JENAWI

Sabtu 6 Mei 2017, dalam rangka Dies Natalis UNS Ke 41, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan serangkaian kegiatan Pengembangan Sentra Pisang di Jenawi: “Pisang Bersemi di Jenawi Bersama UNS BISA”. Hal ini disampaikan Agung Wibowo, MSi selaku Ketua Tim Pengembangan Sentra Pisang di Jenawi.

Adapun rangkaian kegiatannya adalah penyuluhan budi daya tanaman pisang,  penangulangan hama dan penyakit pada  tanaman pisang, penyuluhan pengolahan pisang dan dilanjutkan penanaman pohon pisang di Kebun BPP Jenawi bersama mahasiswa, penyuluh, petani, tokoh masyarakat, dan jajaran Muspika  Jenawi. Menurut Agung, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian program pengembangan sentra pisang di Jenawi sebagai wujud kerja sama antara UNS dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar yang telah ditanda tangani MoA pada bulan Maret kemarin.

Acara di buka oleh Dekan FP UNS Prof. Bambang Pujiasmanto, dalam sambutannya menegaskan “bahwa pengembangan sentra pisang di Jenawi ini selain melibatkan seluruh program studi yang ada di FP juga tidak menutup kemungkinan dari luar FP dengan berbagai multidisiplin ilmu  untuk menangani dari hulu sampai hilir.” Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Hadi Wiyono menyampaikan masalah hama dan penyakit tanaman, Kepala Seksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Karanganyar Budi Sutrisno, SP., MM serta Agung Wibowo, MSi memberi materi tentang aneka pengolahan pisang dan strategi membangun kemitraan.