Info Pertanian: FP UNS Selenggarakan Konferensi Internasional dan Ekshibisi Powder Technology (ICePTi) 2019 | Seminar Kedaulatan Pangan sebagai Implementasi Nilai-nilai Pancasila | FAPERTA Gelar Agriculture Youth Leadership Camp 2019 | Daftar Peserta lulus audisi “Trainer Training Softskill 2019” | UNS Dorong Petani Temanggung Tingkatkan Mutu Kopi |

UNS Dorong Petani Temanggung Tingkatkan Mutu Kopi

TIM Peneliti Universitas Sebelas Maret (UNS) yang diketuai Hanifah Ihsaniyati, SP, M.Si, 4 – 5 Juli 2019 menggelar pelatihan Penanganan Pasca Panen Kopi Robusta berbasis standar Indikasi Geografis Kopi Robusta Temanggung, di Dusun Libak Desa Ngadisepi Kecamatan Gemawang Temanggung.

Hanifah yang juga merupakan dosen Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Fakultas Pertanian UNS menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah  mendorong petani  melakukan petik merah dan penanganan pasca panen kopi sesuai standar yang ditetapkan.

“Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menjaga mutu dan citarasa kopi apalagi mengingat Temanggung memiliki potensi besar untuk specialty coffee”.

“Mutu menjadi titik awal daya saing produk di pasar nasional dan internasional. Tiga hal yang harus ada yaitu niat yang tulus, komitmen, dan daya juang yang tinggi”.

Selain tim UNS, hadir sebagai pembicara yaitu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Temanggung Ir. C. Masrik Amin Zuhdi, MM dan pengurus Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Kopi Robusta Temanggung (MPIG-KRT) Ahmad Zakaria.

“Sebelum diadakan pelatihan ini telah dilaksanakan studi banding tentang manajemen pengolahan pasca panen dan manajemen UPH tanggal 2 Mei 2019 ke P4S Tani manunggal  Jeruk Wangi Jambu Semarang”.

“Hal ini dilakukan untuk lebih memahami fenomena pengembangan kopi temanggung, dan penelitian tentang pengembangan agribisnis kopi temanggung terus dilakukan oleh tim UNS”.  

“Harapan ke depan bahwa petik merah dan penanganan pasca panen kopi sesuai standar dapat di adopsi serentak oleh petani kopi robusta di kabupaten Temanggung untuk dapat bersaing di pasar global guna meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Temanggung”, demikian ditambahkan oleh Hanifah.