Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Faperta UNS Fasilitasi Sekolah Tani Digdaya Muda | Pakar Ekonomi Pertanian Belanda Sampaikan Kuliah Umum di FAPERTA | FAPERTA Lepas Mahasiswa Asal Malaysia dan Vietnam Peserta Program AIMS | Kesempatan Berkarir di PT. AGRICON | Prodi Agribisnis Susun SAR AUN QA |

Talkshow dan Bedah Buku “Resolusi Cinta Untuk Pertanian Indonesia”

Dalam rangkaian kegiatan memperingati hari Tani Nasional yang jatuh tanggal 24 September Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan Talkshow dan Bedah Buku dengan mengangkat tema “Kesiapan Pertanian Dalam Menghadapi MEA 2015”. Talkshow dan Bedah Buku dilaksanakan Kamis, 8 Oktober 2015 di Aula Fakultas Pertanian UNS dengan menghadirkan narasumber Mbah Paiman (seorang praktisi di bidang pertanian) dan Tarmdzi Taher Abdussalam (mantan ketua umum Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia).

Mengawali acara BEM Fakultas Pertanian UNS melalui Kementerian Luar Negeri mengagendakan bedah buku dengan judul “Resolusi Cinta Untuk Pertanian Indonesia”. Buku “Resolusi Cinta Untuk Pertanian Indonesia” disusun oleh Kementerian Luar Negeri BEM Fakultas Pertanian UNS dan merupakan kumpulan gagasan/ide tentang pertanian yang dikumpulkan melalui “Goresan Ide Pertanian” yang diikuti oleh mahasiswa se-Indonesia. Buku “Resolusi Cinta Untuk Pertanian Indonesia” menyajikan masalah-masalah pertanian di Indonesia  yang disertai data, serta solusi untuk pertanian di Indonesia. Buku Resolusi Cinta untuk Pertanian Indonesia memiliki dua pokok bagian. Bagian pertama berisi permasalahan dan bagian kedua berisi solusi. Permasalahan yang diangkat dalam buku ini ada tiga hal penting yakni UU Pokok Agraria 1960 (Pertanian sebagai sektor utama Ekonomi), swasembada pangan dan  pertanian sebagai sebuah kultur.

Pada sesi talkshow Mbah Paiman dari Kelompok Tani Rukun Makaryo dan telah menggeluti bidang pertanian sejak tahun 1950 menyampaikan tentang sejarah Agraris dan lahirnya Hari Tani.  Talk show dan bedah buku yang dibuka Wakil Dekan bidang Akademik Prof. Dr. Samanhudi, SP, M.Si dihadiri peserta mahasiswa dan pemenang dari “Goresan Ide Pertanian” sdri Dwi Nurul Hidayah dari Universitas Negeri Malang.