Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | PERHEPI Komisariat Daerah Solo Helat Musda | THE 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE ON FOOD SCIENCE AND ENGINEERING (ICFSE) 2018 MEET US ON SEPTEMBER 25-26, 2018 | FAPERTA Lepas 64 Wisudawan | FAPERTA Lepas Mahasiswa Asal Vietnam | Gelar Silaturahim Tahunan, FAPERTA Dukung Peningkatan Kinerja |

Talk Show Membangun Jiwa Wirausaha Muda Inovatif dan Kreatif

Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Fakultas Pertanian UNS Rabu, 9 Mei 2018 menghelat Talk Show dan Gelar Bisnis  dengan mengangkat tema “Membangun Jiwa Wirausaha Muda Kreatif dan Inovatif”. Talk show menghadirkan narasumber pengusaha dan praktisi bisnis, Rubiyanta (owner perusahaan percetakan dan penerbitan “Ziyabooks”) dan Joko Puspito (owner peternakan ayam “Berkah Dua Farm”). Kedua narasumber adalah pelaku bisnis yang sukses pada bidangnya dan alumni Fakultas Petanian UNS.

 

Dalam kesempatan tersebut Rubiyanta memaparkan berbagai tips dan trik menjadi wirausahawan sukses, “Untuk menjadi seorang wirausahawan harus memiliki mimpi, dengan adanya mimpi maka seseorang sudah mengantongi 50 % dari keberhasilan”. Lebih jauh Rubiyanta yang juga jebolan dari Program Studi PKP menambahkan unsur yang harus dimiliki seorang pengusaha harus mempunyai karakter pengusaha, yaitu kemauan yang kuat, visioner, mau bekerja keras dan penuh determinasi (ngoyo), pantang menyerah, disiplin, kreatif dan inovatif serta berfikir positif .

Narasumber yang lain Joko Puspito menyampaikan pentingnya penanaman jiwa berwirausaha kepada mahasiswa  lebih awal sehingga pada semester akhir lebih ditekankan pada program pemantapan. Selanjutnya Joko memberikan motivasi kepada peserta talk show bahwa memulai wirausaha harus dengan semangat kecintaan, dengan kecintaan akan dengan ringan dan mudah mengerjakan dunia usaha yang digeluti, dan bukan dilakukan dengan keterpaksaan.

 

Talk show juga dimeriahkan dengan kehadiran stand bazar mahasiswa yang menampilkan berbagai produk olahan makanan dan cindera mata hasil karya mahasiswa.