Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Impikan Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup di Pondok Pesantren, Mahasiswa FP Raih Juara | Mahasiswa PKP Juarai Ajang PHINISI di Makassar | Pekan Dosen Tamu : FAPERTA Hadirkan Pakar dari 4 Negara | Konferensi Internasional Pembangunan Berkelanjutan Ilmu Pangan dan Rekayasa Proses : Perspektif Terkini dan Tantangan Ke depan | FAPERTA Hadirkan Peneliti Aplikasi Metabolomik Universitas Osaka Jepang |

Sosialisasi Pemanfaatan Biopori

Dalam rangka mengembangkan teknologi ramah lingkungan, tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Pertanian UNS melaksanakan kegiatan difusi dan pemanfaatan IPTEK di SMP Negeri 1 Surakarta. Kegiatan dilaksanakan Sabtu, 23 Maret 2013, meliputi pengenalan dan pembuatan kompos sebagai upaya pemanfaatan sampah di lingkungan sekolah serta sosialisasi dan pemanfaatan biopori.

            Ir. Sumani, M.S sebagai ketua tim pengabdian disela-sela kegiatan mengemukakan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian lingkungan kepada anak sekolah sebagai upaya pembentukan karakter cinta kepada lingkungan. Kegiatan diawali dengan pengarahan mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar, pengelolaan air dan sampah di lingkungan sekolah serta dilanjutkan dengan praktek pembuatan kompos dan pemanfaatan biopori di lingkungan sekolah. Hadir sebagai nara sumber dalam sosialisasi dan pemanfaatan biopori ini antara lain Dr. Ir. Widyatmani Sih Dewi, MP; Ir. Amalia TS, MP, Mphill serta Ir. Sumani, MS ( sebagai ketua tim ).