Info Pertanian: WEBINAR NASIONAL AGRIXPLOSION 2020 | Pengumuman Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FP | Mahasiswa FP UNS Juara 2 LKTI Nasional Bidang Teknologi Pangan | PENYULUHAN DAN PENGENALAN BUDIDAYA PISANG HASIL KULTUR JARINGAN PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI” SARI TANI” DESA GENTAN, KECAMATAN BENDOSARI, KABUPATEN SUKOHARJO | Workshop Rekonstruksi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka |

Sosialisasi Pemanfaatan Biopori

Dalam rangka mengembangkan teknologi ramah lingkungan, tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Pertanian UNS melaksanakan kegiatan difusi dan pemanfaatan IPTEK di SMP Negeri 1 Surakarta. Kegiatan dilaksanakan Sabtu, 23 Maret 2013, meliputi pengenalan dan pembuatan kompos sebagai upaya pemanfaatan sampah di lingkungan sekolah serta sosialisasi dan pemanfaatan biopori.

            Ir. Sumani, M.S sebagai ketua tim pengabdian disela-sela kegiatan mengemukakan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian lingkungan kepada anak sekolah sebagai upaya pembentukan karakter cinta kepada lingkungan. Kegiatan diawali dengan pengarahan mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar, pengelolaan air dan sampah di lingkungan sekolah serta dilanjutkan dengan praktek pembuatan kompos dan pemanfaatan biopori di lingkungan sekolah. Hadir sebagai nara sumber dalam sosialisasi dan pemanfaatan biopori ini antara lain Dr. Ir. Widyatmani Sih Dewi, MP; Ir. Amalia TS, MP, Mphill serta Ir. Sumani, MS ( sebagai ketua tim ).