Info Pertanian: Seminar Nasional Peningkatan Produktivitas Ternak Tropis Terpadu Berkelanjutan di Era Revolusi Industri 4.0 | Kuliah Umum ‘HOW TO BE AN INTERNATIONAL SCIENTIST` A Story of The Development of Advanced Microwave Remote Sensing Technology’ | Sosialisasi Budidaya Pisang Hasil Kultur Jaringan di Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar | MNC Bank Goes To Campus, Edukasi Mahasiswa Agribisnis FP UNS | Mahasiswa FP UNS Raih Medali Emas di Ajang World Invention and Technology Expo |

Sosialisasi Budidaya Pisang Hasil Kultur Jaringan di Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

 

Pisang merupakan salah satu komoditas unggulan lokal Kabupaten Karanganyar, terutama Kecamatan Jenawi. Pisang yang dipasarkan di wilayah Surakarta kebanyakan berasal dari Kecamatan Jenawi tersebut, karena Kecamatan Jenawi memang disiapkan sebagai sentra pisang di Kabupaten Karanganyar. Walaupun telah ditetapkan sebagai sentra pisang, namun pembudidayaan pisang di Kecamatan Jenawi masih dilakukan secara konvensional dengan menggunakan bibit yang diperoleh dari indukan yang telah mereka tanam, sehingga hasilnyapun secara kuantitas maupun kualitas tidak bisa maksimal.

Melihat kondisi tersebut maka Tim dari Fakultas Pertanian UNS yang terdiri atas Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si selaku koordinator, dengan anggota tim Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, MS, Hery Widijanto, SP, MP, dan Dr. Agung Wibowo, SP, M.Si telah melakukan kegiatan  sosialisasi budidaya pisang hasil kultur jaringan kepada masyarakat di Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 14 Oktober 2019 dipusatkan di Desa Lempong, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan ini merupakan implementasi dari pelaksanaan skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh PNBP UNS tahun anggaran 2019. Hadir dalam kegiatan tersebut dua kelompok tani dari Desa Lempong, yaitu Kelompok Tani Lawu Makmur dan Kelompok Tani Subur Makmur, semua Perangkat Desa Lempong, dan Penyuluh Pertanian yang bertugas di Wilayah Kecamatan Jenawi, serta Tim Pemonev Kegiatan PKM dari LPPM Universitas Sebelas Maret Surakarta yang diketuai oleh Ibu Ir. Lilik Retna Kartikasari, MP, M.Agr.Sc, Ph.D.

Berdasarkan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Bioteknologi Fakultas Pertanian UNS dapat diketahui bahwa kultur jaringan tanaman pisang telah memberikan hasil yang baik. Keberhasilan tersebut menjadi dasar untuk terus mengembangkan penelitian pisang ini, sehingga hilirisasi produk bibit pisang hasil kultur jaringan dapat terwujud. Proses aklimatisasi yang telah dilakukan juga menunjukkan hasil yang baik, sehingga produk bibit pisang hasil kultur jaringan akan dapat dibudidayakan dengan baik di lapangan. Aklimatisasi merupakan tahap paling penting dalam kultur jaringan, karena pada tahap ini akan diuji apakah bibit yang telah dihasilkan di laboratorium tersebut dapat beradaptasi dan tumbuh dengan baik di lapangan atau tidak.

 

 

Budidaya pisang secara kultur jaringan merupakan metode yang dapat diterapkan untuk menghasilkan bibit tanaman pisang yang sehat dan dalam budidaya bersifat terkendali sehingga tidak terpengruh oleh musim. Dengan menggunakan bibit hasil kultur jaringan dalam budidaya pisang ini maka hasil yang akan diperoleh nantinya dapat memenuhi standar kuantitas dan kualitas, lebih tahan hama dan penyakit, seragam, dan bibit dapat disediakan dalam jumlah besar setiap saat. Kultivar pisang yang dikembangkan meliputi pisang Kepok, Barangan, Mas Kirana, dan Rajabulu, yang memang disukai oleh masyarakat setempat karena mempunyai pasar yang baik dan harganya tinggi.

Melalui kegiatan ini masyarakat diharapkan dapat memperoleh pengertian, mengenal, dan mempraktikkan tentang budidaya pisang menggunakan bibit hasil kultur jaringan sehingga pembudidayaan pisang di Kecamatan Jenawi nantinya tidak konvensional lagi tetapi dilakukan secara lebih intensif. Diharapkan setelah mendapatkan pengarahan dari tim tentang pentingnya melakukan budidaya pisang dengan menggunakan bibit hasil kultur jaringan akan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitasnya dan dengan sendirinya akan dapat meningkatkan pendapatannya. Kegiatan pengabdian ini juga merupakan salah satu media untuk memperkenalkan hasil-hasil penelitian dari Fakultas Pertanian UNS terutama yang bersifat aplikatif dan siap untuk dimanfaatkan oleh masyarakat.