Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Rekruitmen Tenaga Pendamping Mahasiswa / Alumni | FAPERTA Raih Juara I Lomba Kinerja Antar Fakultas/PPs | FAPERTA dan Korem Warastratama Sinergi Siapkan Lahan Agrowisata dan Arboretum | VISITASI BORANG KINERJA | Sistem Pertanian Berkelanjutan Solusi Terciptanya Ketahanan Pangan |

Seminar Nasional : Upaya Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Energi

“Kebijakan Pembangunan Pertanian untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Energi Dalam Menyongsong Era Asia” merupakan tema Seminar Nasional yang diselenggaarakan di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Kamis 24 April 2014. Seminar Nasional yang diselenggarakan masih dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis Universitas Sebelas Maret ke-38 menghadirkan pembicara kunci  Menteri Pertanian Republik IndonesiaI Dr. Ir. Suswono dengan mengangkat topik “Kebijakan Pembangunan Pertanian Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Energi Dalam Menyongsong Era Asia”.

Selain pembicara kunci seminar juga menampilkan pembicara utama antara lain Prof. Gunawan Sumodiningrat (Guru Besar Ekonomi Universitas Gadjah Mada) dengan mengangkat tema “Swasembada Pangan Meningkatkan Kesejahteraan Petani’; Prof. Dr. Ir. Rindit Pambayun, MP (Guru Besar Ilmu pangan Universitas Sriwijaya) dengan tema “Pengembangan Teknologi Pangan Berbasis SDA Lokal Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan”; Agus Kardinan (Badan Litbang Kementerian Pertanian) ”Pertanian Organik Ramah Lingkungan Dalam Mendukung Kedaulatan Pangan dan Energi di Indonesia” dan Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS ( Guru Besar sekaligus Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret) “Konstribusi Perguruan Tinggi Dalam Pembangunan Pertanian Terpadu Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Kedaulatan  Pangan dan Energi Berbasis Pertanian”.

Dalam paparannya Menteri Suswono mengemukakan bahwa selama periode 2004 – 2013 pembangunan pertanian mencatat berbagai keberhasilan antara lain : swasembada beras dan jagung; mantapnya produksi beras membantu menstabilkan harga pangan dan terhindar dari krisis pangan; capaian pembangunan pertanian lainnya seperti peningkatan produksi pertanian, ketersediaan energi dan protein, ketersediaan energi dan protein, membaiknya skor pola pangan harapan (PPH) dan semakin banyaknya hasil penelitian dan pengembangan.

Seminar yang diselenggarakan di aula Fakultas Pertanian dihadiri peserta lebih dari tiga ratus peserta yang terdiri dari akademisi, praktisi, mahsiswa dan unsur birokrat.