Info Pertanian: Aplikasi Nanopestisida Pada Cabai Merah Hasilkan Produk Melimpah | Teknologi Tepat Guna Getuk Keju Frozen | Lowongan Kerja Junior Agronomist | Seminar Nasional Peningkatan Produktivitas Ternak Tropis Terpadu Berkelanjutan di Era Revolusi Industri 4.0 | Kuliah Umum ‘HOW TO BE AN INTERNATIONAL SCIENTIST` A Story of The Development of Advanced Microwave Remote Sensing Technology’ |

Seminar Kedaulatan Pangan sebagai Implementasi Nilai-nilai Pancasila

Senin, 19 Agustus 2019 bertempat di aula, Fakultas Pertanian UNS bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Seminar Nasional Pancasila sebagai Platform Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dengan mengangkat tema “Kedaulatan Pangan sebagai Implementasi Nilai-nilai Pancasila”.

Seminar menghadirkan narasumber Dra. Siti Niah Nurhasanah (BPIP), Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si (UNS), Maria Loretha (Kartini Sorghum NTT), Davyn Sudirjo (e-Tani Agro Nusantara).

Tampil mengawali untuk menyampaikan paparannya adalah Davyn Sudirdjo,  salah satu ikon di bidang sains dan inovasi.  Pemuda yang sejak usia 12 tahun telah mengenal kehidupan para petani dan merupakan pendiri eTani yang saat ini sedang mengejar gelar sarjana Ilmu Komputer dalam Ilmu Data dan Ekonomi di Stanford University, Amerika Serikat.

Davyn mengemukakan bahwa program aplikasi eTani merupakan program yang dibuat untuk memberdayakan petani Indonesia tanpa perantara dan mempromosikan budaya Farm to Table.

Davyn juga mempunyai misi bahwa lewat aplikasi yang dia buat dapat untuk mengembangkan ekosistem yang memberdayakan petani dengan menyediakan pasar, membangun kolaborasi masyarakat dengan para pakar pertanian dan sesama petani, serta memaksimalkan kualitas dan kuantitas hasil ladang mereka.

Sementara narasumber yang lain Maria Loretha lebih banyak menyoroti komoditas Sorgum sebagai bahan pangan fungsional yang banyak dibudidayakan di propinsi Nusa Tenggara Timur. Menurut Maria, banyak kelebihan yang dimiliki oleh Sorgum antara lain karena daya cerna yang rendah, maka sorgum sangat cocok untuk penderita diabetes ataupun obesitas. Juga sorgum termasuk kategori produk makanan non gluten, sehingga sangat baik untuk pencernaan.