Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Kuliah Umum : Masalah dan Tantangan Membangun Desa Secara Partisipatif | Kesempatan Berkarir di PT. Sinar Mas | Kesempatan Berkarir Di Gama Plantation | Kesempatan Berkarir di PT. WILMAR | Kemauan untuk Berubah, Kunci Sukses di Era Milenium |

SEMINAR “HARI SUSU NUSANTARA”

     Selasa, 19 Juni 2012 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan dengan mengangkat tema “Minum Susu Segar, Tubuh Bugar, Otak Pintar”. Seminar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Susu Nusantara yang jatuh tanggal 1 Juni.

      Seminar dilaksanakan di aula Fakultas Pertanian UNS dengan menghadirkan nara sumber dari berbagai kalangan, diantaranya dari akademisi, dinas kesehatan dan tidak ketinggalan dari unsur parktisi. Dari unsur akademisi adalah Ahmad Pramono, SPt, MP ( Program Studi Peternakan FP UNS) dengan makalahnya yang mengangkat judul “Kesejahteraan Menuju Optimalisasi Produksi dan Kualitas Susu Sapi Perah”; dari unsur pemerintah adalah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dengan makalahnya yang berjudul “Manfaat Susu dan Persebarannya di Jawa Tengah”; sedangkan dari unsur praktisi hadir Joko Marjono, SPt ( Farm Manajer perusahaan sapi perah Mawar Mekar) dengan mengangkat pembahasan “Produksi dan Manajemen Prmasaran Susu”. Seminar dihadiri peserta hingga mencapai jumlah dua ratus peserta dari berbagai kalangan yang terdiri dari mahasiswa, karang taruna hingga ibu-ibu posyandu kecamatan Jebres Surakarta. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menjadi bentuk inisiasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya minum susu dan meningkatkan konsumsi susu per kapita masyarakat Indonesia demi terwujudnya peningkatan kualitas gizi bangsa.

     Kegiatan seminar ini merupakan satu dari beberapa rangkaian kegiatan dalam peringatan “Hari Susu Nusantara” yang mana sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan bagi-bagi susu gratis kepada masyarakat di area car free day Jl. Slamet Riyadi kota Solo pada hari Minggu, 10 Juni 2012 dan penyelenggaraan lomba menggambar dan pembagian susu gratis kepada anak yatim piatu di sebuah lembaga panti asuhan Muhammadiyah.