Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FP UNS Gembleng Mahasiswa Baru dengan Achievement Motivation Training (AMT) | FAPERTA Lepas Mahasiswa Peserta Internship Magang di Jepang | Usaha Pengembangan Kambing “Boerka” Sangat Prospektif | D3 Agribisnis Selenggarakan Makrab | FP UNS Seminarkan Hasil Penelitian Dosen dan Mahasiswa |

Rachmad Adi Riyanto, alumni Bidikmisi UNS lulus “ Distinction ” di Inggris

Rachmad Adi Riyanto, alumni program studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Fakultas Pertanian (FP), Universitas Sebelas Maret (UNS) yang juga penerima bantuan pendidikan Bidikmisi angkatan 2010 berhasil menyelesaikan program strata 2 M.Sc Food Science and Nutrition di University of Leeds, Inggris dengan predikat “ Pass with Distinction ”. Predikat ini merupakan klasifikasi terbaik lulusan master di Britania Raya atau semacam Cumlaude untuk lulusan di Indonesia. Adi menjadi alumni Bidikmisi UNS pertama yang berhasil lulus S2 di Inggris dengan masa studi 1 tahun.

Penerima Beasiswa sejak SD hingga S2

Putra asli Temanggung, Jawa Tengah ini mengaku selalu mendapatkan beasiswa sejak tingkat SD hingga S2. Ketika sekolah SMK di SMK N 1 Temanggung, Adi mendapatkan pembebasan biaya SPP dari sekolah karena prestasinya yang baik namun berasal dari keluarga kurang mampu, begitu pula ketika S1, Adi merupakan penerima manfaat bantuan pendidikan Bidikmisi yang memang diperuntukkan bagi mahasiswa miskin berprestasi. Studi S2nya didukung penuh oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Adi lolos seleksi LPDP afirmasi melalui jalur alumni Bidikmisi berprestasi.

Kemiskinan Tidak jadi Penghalang

Walaupun terlahir dari keluarga kurang mampu, bahkan saat ini sudah berstatus sebagai seorang yatim piatu, Adi mampu membuktikan bahwa orang miskin juga bisa berprestasi. Saat studi S1 di UNS, founder Permadani Diksi Nasional ini pernah mewakili UNS dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional tahun 2013 dan terpilih menjadi salah satu finalis 15 besar tingkat nasional. Adi juga pernah menjuarai berbagai kompetisi tingkat nasional selama aktif menjadi mahasiswa. Adi lulus cumlaude sebagai wisudawan terbaik FP UNS dalam wisuda periode 135 tahun 2014 dengan IPK 3.81, hingga saat S2 dia berhasil lulus dengan predikat Pass with Distinction.

Aktivis Mahasiswa Berprestasi

Adi dikenal aktif berorganisasi sejak sebelum kuliah hingga saat dia kuliah S2 di Inggris. Adi tercatat pernah menjadi ketua 1 OSIS SMK N 1 Temanggung. Ketika S1 di UNS, Adi aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan seperti Kelompok Studi Ilmiah (KSI) FP UNS, Forum Ukhuwah dan Studi Islam (FUSI) FP UNS, International Association of Student in Agricultural and Related Sciences (IAAS) UNS, Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian (Himaghita) FP UNS dan Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) UNS. Selain itu, Adi juga aktif sebagai badan perumus kemudian badan pengawas Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi (Permadani Diksi) Nasional. Saat menempuh studi S2 di Inggris, Adi dipercaya sebagai ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Leeds (PPI Leeds) dan aktif sebagai volunteer program Get Out Get Active yang dikelola oleh Leeds University Union. Walaupun aktif di banyak organisasi, Adi tetap mampu mempertahankan prestasi akademik dan non akademiknya.

Cita-cita menjadi Guru Besar

Ditanya mengenai rencana setelah selesai S2, Adi menjawab bercita-cita menjadi seorang Professor di bidang pangan. Dia berencana akan mendaftarkan diri sebagai dosen di suatu perguruan tinggi dan kemudian melanjutkan studi S3 pada 2 atau 3 tahun lagi di Inggris atau Belanda.  “Apabila kita memiliki prinsip bahwa semakin detail mimpi itu, maka akan semakin mudah untuk diwujudkan” demikian tambahkan Adi.