Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Faperta UNS Fasilitasi Sekolah Tani Digdaya Muda | Pakar Ekonomi Pertanian Belanda Sampaikan Kuliah Umum di FAPERTA | FAPERTA Lepas Mahasiswa Asal Malaysia dan Vietnam Peserta Program AIMS | Kesempatan Berkarir di PT. AGRICON | Prodi Agribisnis Susun SAR AUN QA |

Prof. Sudibya Guru Besar ke-25 di FAPERTA

Selasa, 11 November 2014 merupakan hari yang bersejarah bagi Fakultas Pertanian UNS utamanya  Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian UNS dimana pada hari itu Prof. Dr. Ir. Sudiya, MS dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak. Prof. Dr. Ir. Sudibya, MS merupakan Guru Besar pertama di Program Studi Peternakan dan Guru Besar ke-25 di Fakultas Pertanian UNS.

            Dalam pidato pengukuhannya yang berjudul “Produksi Telur, Daging, Dan Susu Rendah Kolesterol dan Kaya Omega-3 Melalui Suplementasi L-Karnitin dan Minyak Ikan”, Prof. Dr. Ir. Sudibya, MS mengemukakan bahwa Produksi Telur, Daging, Dan Susu Rendah Kolesterol dan kaya Omega-3 merupakan produk unggul dengan harga terjangkau oleh konsumen. Pasar utama potensial diraih dalam usaha telur, daging dan air susu beromega-3 ini adalah konsumen/kelompok peduli kesehatan, berpendidikan dan keluarga yang peduli dengan perkembangan otak anak balitanya. Kesadaran masyarakat akan fungsional food (bahan pangan yang tidak hanya berfungsi sebagai pemuas rasa lapar tetapi juga menyehatkan), semakin tinggi seiring dengan kemajuan tingkat pendidikan dan teknologi informasi. Kondisi tersebut merupakan peluang pemasaran  bagi inovasi telur, daging dan air susu yang kaya omega-3 dan rendah kolesterol.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa kelemahan telur, daging dan air susu yang mengandung omega-3 dan rendah kolesterol adalah produk mudah rusak dan kualitas menurun seiring dengan waktu berjalan, apabila tidak disimpan dalam suhu rendah dengan kemasan yang baik.