Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Faperta UNS Fasilitasi Sekolah Tani Digdaya Muda | Pakar Ekonomi Pertanian Belanda Sampaikan Kuliah Umum di FAPERTA | FAPERTA Lepas Mahasiswa Asal Malaysia dan Vietnam Peserta Program AIMS | Kesempatan Berkarir di PT. AGRICON | Prodi Agribisnis Susun SAR AUN QA |

Prodi Peternakan Seminarkan Pengembangan Potensi Ternak Lokal

_mg_8038-edit

Indonesia merupakan negara tropis memiliki plasma nutfah dan sumber daya genetik ternak yang sangat potensial untuk dimanfaatkan dan dikembangkan produktivitasnya. Hingga saat ini paling tidak Indonesia memiliki 58 jenis ternak lokal yang terdiri dari ternak sapi potong, kerbau, kambing, domba, ayam, itik, dan kuda. Daya dukung sumber daya manusia, wilayah dan pakan di Indonesia juga sangat mendukung keberlanjutan pengembangan sumber daya genetik ternak lokal di Indonesia. Hal ini merupakan asset dan modal yang sangat berharga dan potensial untuk terus dikembangkan sehingga menjadi komoditas dalam negeri yang menguntungkan, terutama dalam memperkuat karakter bangsa dan kedaulatan pagan di era Masyarakat Ekonomi Asean saat ini dan pasar global dimasa yang akan datang.

Namun demikian, peningkatan kebutuhan akan produk peternakan seperti daging, telur dan susu di Indonesia belum bisa dipenuhi sepenuhnya dari produksi nasional. Produksi komoditas peternakan tertentu sudah dapat memenuhi kebutuhan nasional namun masih terdapat komoditas tertentu yang belum mampu memenuhi kebutuhan nasional. Permintaan kebutuhan daging sapi dan susu di Indonesia sampai saat ini belum mampu dipenuhi dari produksi nasional. Sehingga pemerintah masih mengimpor bakalan dan daging sapi serta susu dari luar negeri._mg_7986-edit

Kondisi seperti demikianlah yang mendasari Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian UNS untuk menyelenggrakan Seminar Nasional dengan tajuk ““Pengembangan Potensi Ternak Lokal Terpadu Berkelanjutan Berbasis Aplikasi Teknologi Inovatif” Rabu 2 November 2016 di Pusdiklat UNS.

Seminar menghadirkan :

  1. Keynote Speaker Drh. I Ketut Diarmita, MP Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI dengan presentasinya “Kebijakan Pembangunan Peternakan Nasional dalam Mewujdkan Ketahanan Pangan”.
  2. Inveted Speaker, Prof. Datin Paduka Dr. Aini Ideris FASc (Presiden of Universiti Putra Malaysia) dengan judul makalah “The Use of Innovative Technology to Cope with Avian Tropical Diseases to Develop Local Poultry Farming”
  3. Pemakalah Utama : Dr. Ir. Dicky Pamungkas, MS (Kepala Loka Penelitian Sapi Potong Grati); Prof. Drs. Sutarno, M.Sc, Ph.D (Guru Besar molekuler Genetik FMIPA UNS); Ahmad Lukman, S.Pt (Ketua Bidang Litbang dan Pelatihan ASPEKPIN)

Penyelenggaraan seminar nasional dengan tema  “Pengembangan Potensi Ternak Lokal Terpadu berkelanjutan Berbasis Aplikasi Teknologi Inovatif” diharapkan dapat dihasilkan rumusan solusi untuk meningkatkan produktivitas ternak lokal yang berbasis pengembangan potensi ternak lokal melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang aplikatif dan inovatif untuk mendukung Kedaulatan Pangan Nasional.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan MoU antara Fakultas Pertanian UNS dengan Fakulti Pertanian Universiti Putra Malaysia (UPM) yang berisi antara lain pertukaran mahasiswa diantara kedua belah pihak dan program tersebut selama ini sudah terlaksana dengan nama AIMS (The ASEAN International Mobility for Students).

_mg_7996-edit