Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Sistem Pertanian Berkelanjutan Solusi Terciptanya Ketahanan Pangan | FAPERTA Serius Siapkan Borang Lomba Kinerja | Kuliah Tamu Pakar Peternakan Belanda | FAPERTA Evaluasi Pelaksanaan PBM | Faperta UNS Fasilitasi Sekolah Tani Digdaya Muda |

Penyuluhan Manajemen Pemeliharaan Sapi Potong

Selasa, 24 Januari 2012 Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan/Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian UNS yang dipimpin Ir. Eka Handayanta, MP melaksanakan kegiatan penyuluhan dengan mengangkat topik “Manajemen Pemeliharaan Sapi Potong“ di balai Desa Kemejing, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Sasaran dari kegiatan penyuluhan adalah Kelompok Wanita Tani “SRI LANGGENG” Desa Kemejing, Kecamatan Semin , Gunungkidul. Jumlah peserta penyuluhan berjumlah empat puluh orang yang merupakan wakil dari masing-masing dusun yang ada di desa Kemejing. Tujuan dengan dilaksanakannya penyuluhan adalah meningkatkan pengetahuan wanita tani khususnya dalam mengelola/memelihara ternak sapinya. Seperti diketahui kepadatan ternak sapi di Desa Kemejing adalah tertinggi di Kecamatan Semin, sehingga peran wanita dalam membantu suami dalam memelihara sapi-sapinya sangat strategis. Sebagai bagian dari usaha tani secara keseluruhan, sapi sudah menyatu dengan kehidupan petani dan hampir setiap petani memelihara sapi sebagai usaha menambah pendapatan usaha taninya.

Diharapkan setelah kegiatan penyuluhan ini akan terjadi transfer ilmu pengetahuan dan teknologi dari perguruan tinggi kepada masyarakat petani peternak, sehingga pengetahuan dan ketrampilan petani (wanita tani) meningkat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan petani.