Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FAPERTA Selenggarakan Konferensi Internasional Lingkungan Hidup dan Pertanian Berkelanjutan | Mahasiswa FP UNS Raih Prestasi Penyaji Makalah Terbaik di Thailand | FAPERTA Latih Tendik “Pribadi Yang Penuh Pesona” | FAPERTA Diskusikan Restorasi Lahan Gambut | FAPERTA Hadirkan Pakar Pertanian Korea Selatan |

Pengabdian Peningkatan Partisipasi Petani Lahan Kering dalam Konservasi Lahan

          Kawasan DAS merupakan ekosistem yang menyimpan sumberdaya alam seperti tanaman, tanah dan air. Jika sumberdaya alam yang terkandung dalam suatu DAS tidak dikelola dan ditata dengan baik, maka dapat mengganggu keseimbangan lingkungan. Dengan latar belakang pemasalahan seperti di atas Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Fakultas Pertanian UNS yang dipimpin Dr. Ir. Suwarto, Msi, pada hari Sabtu, 5 Nopember 2011 menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di Sub DAS Wader, Dusun Pundung, Desa Kudi, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri dengan mengangkat judul “Meningkatkan Partisipasi Petani Lahan Kering dalam Konservasi Lahan di Sub DAS Wader Kabupaten Wonogiri”.

          Metodologi yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melalui lokakarya berdasarkan data yang telah dimiliki oleh tim pengabdian serta pelaksanaan konservasi lahan yang telah dilaksanakan oleh para petani atau menurut pandangan para petani. Pengabdian ini melibatkan para tokoh masyarakat setempat dan para petani pada umumnya. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkakan partisipasi para petani dalam konservasi lahan sesuai IKK (Indek Kegiatan Konservasi) para petani di wilayah tersebut sesuai data yang telah dimiliki oleh Tim Pengabdian.

 (Pranata Humas FP)