Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Rekruitmen Tenaga Pendamping Mahasiswa / Alumni | FAPERTA Raih Juara I Lomba Kinerja Antar Fakultas/PPs | FAPERTA dan Korem Warastratama Sinergi Siapkan Lahan Agrowisata dan Arboretum | VISITASI BORANG KINERJA | Sistem Pertanian Berkelanjutan Solusi Terciptanya Ketahanan Pangan |

Pengabdian : Pengelolaan Lahan Kering

          Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNS yang dipimpin Ir. Noorhadi, MS, Sabtu – Minggu, 29 – 30 Oktober 2011 melaksanakan pengabdian di Desa Kudi, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri.  Tema yang diangkat dalam pengabdian ini adalah “Pengelolaan Lahan Kering Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Lahan Pertanian”.

          Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa teknologi konservasi tanah dan air mutlak harus dikuasai dalam melaksanakan usaha-usaha dibidang pertanian karena banyak terjadi kerusakan – kerusakan tanah akibat kekeliruan atau kesalahan dalam pengolahan tanah serta tanamannya atau tindakan serta perlakuan yang secara tidak disadari telah menimbulkan kerusakan tanah yang harus dipikul oleh masyarakat. Lebih jauh Ir. Noorhadi menambahkan pengawetan tanah dan pengendalian erosi dapat dilaksanakan dengan teknologi atau cara-cara antara lain :

1.     Cara vegetatif atau biologi, cara ini didasarkan pada peranan tanaman dimana tanaman-tanaman mempunyai peranan untuk mengurangi erosi.

2.     Cara mekanik, cara ini dapat dilakukan dengan cara teknis mekanis walaupun pada kenyataannya cara ini memerlukan biaya yang besar.

3.     Cara kimiawi, cara ini dapat dilakukan dengan pemanfaatan soil conditioner atau bahan-bahan pemantap tanah dalam hal memperbaiki struktur tanah sehingga tanah akan tetap resisten terhadap erosi.

Tujuan dilaksanakannya pengabdian ini agar petani dapat mengaplikasikan konversi tanah pada lahan kering dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya alam pertanian.

 (Pranata Humas FP)