Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Wirausaha Muda Mandiri : Tampil Beda | User Prodi Diploma Tiga Agribisnis : Alumni Diploma Tiga Mempunyai Skill dan Sikap Mental Yang Baik | UNS SERIUS KEMBANGKAN SENTRA PISANG DI JENAWI | Den Cokip, Paduan Cokelat dan Intip Karya Mahasiswa FP UNS | FAPERTA Kembangkan Jatikuwung sebagai Sentra Pepaya Cikita |

PARTISIPASI DOSEN FP UNS DALAM INTERNATIONAL SYMPOSIUM DI GIFU, JEPANG

United Graduate School of Agricultural Science, Gifu University, Japan menyelenggarakan simposium Internasional tertutup untuk 12 universitas anggota konsorsium S3 Ilmu Pertanian di wilayah Asia. Simposium yang bertemakan “Recent Research Topics in Agriculture Science and Biotechnology” diselenggarakan di Universitas Gifu, pada tanggal 5 Agustus 2014. Simposium tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari acara tahunan konsorsium tersebut, yang disebut International Consortium  of Universities in South and Southeast Asia Region for the Doctoral Education on the Agricultural Science and Biotechnology (IC-GU12). Rangkaian kegiatannya sendiri adalah  “The 3rd UGSAS-GU Roundtable & Symposium 2014”.

 

Dalam kesempatan ini, dosen FP UNS yang mendapatkan kesempatan pertama untuk mempresentasikan hasil penelitiannya adalah Dr. Ir. Eny Lestari, MSi, dengan judul “Strategy for Poverty Allevation in Rural Areas (A Case Study of Creative Industry Through Cultural Integration and Institution Transformation)”.

 

Kesempatan berikutnya, Ir. Sumani, MSi menyajikan “Local Wisdom for Predicting Weather in Agriculture“, dilanjutkan oleh Dr. Ir. Sudadi, MP dengan judul “Biofilm Biofertilizer: The Influence of Plant and Soil Factor on Its Effectiveness and Consistency”.

 

Simposium tertutup ini dihadiri oleh sekitar 150 orang, yang terdiri dari delegasi simposium (7 negara), kalangan industri dan mahasiswa S3 Ilmu Pertanian dan Teknik Universitas Gifu, Jepang. Selain ketiga penyaji dari FP UNS, terdapat 9 penyaji lainnya dari berbagai negara dalam symposium tertutup ini, yaitu Indian Institute of Technology Guwahati dari India, Guangxi University dari China, Kasetsart University dari Thailand, Hanoi University of Science and Technology dari Vietnam dan Chulalongkorn University dari Thailand. Sedangkan dari Indonesia, masing-masing satu orang dosen dari Universitas Andalas, IPB dan UGM juga turut berpartisipasi dalam simposium ini.

 

Turut serta dalam tim yang menghadiri rangkaian kegiatan simposium ini adalah Dekan FP UNS (Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS), Direktur Pascasarjana UNS (Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, MS.), staf kerjasama Internasional FP UNS (Dr. Komariah), Agung Wibowo, SP, MSi, Dr. Risa Suryana dari International Office UNS, Yudhi Pramudya mahasiswa prodi Agroteknologi minat Ilmu Tanah UNS, dan staf dari BMKG Semarang, Tris Adi Sukoco, yang merupakan tim UNS dalam acara ini.

 

Partisipasi Dr. Ir. Eny Lestari, MSi; Ir. Sumani, MSi; dan Dr. Ir. Sudadi, MP dalam simposium internasional tertutup ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi Fakultas Pertanian UNS di tingkat Internasional.