Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Wirausaha Muda Mandiri : Tampil Beda | User Prodi Diploma Tiga Agribisnis : Alumni Diploma Tiga Mempunyai Skill dan Sikap Mental Yang Baik | UNS SERIUS KEMBANGKAN SENTRA PISANG DI JENAWI | Den Cokip, Paduan Cokelat dan Intip Karya Mahasiswa FP UNS | FAPERTA Kembangkan Jatikuwung sebagai Sentra Pepaya Cikita |

Mahasiswa Prodi PKP Raih Program Hibah Bina Desa (PHBD)

atikah-dan-kaprodi

Atikah Habibatullah mahasiswa Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian UNS  melalui proposalnya yang berjudul “Optimalisasi Pemanfaatan Empon-empon Melalui Pemberdayaan Kelompok Wanita Desa Miri Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri” berhasil lolos dan meraih dana Program Hibah Bina Desa  (PHBD)  Kemenristik Dikti.

Atikah Habibatullah dkk merupakan sosok mahasiswa aktif berorganisasi dan  tergabung dalam Himpinan Mahasiswa PELITA program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian FP UNS. Proposal ini merupakan satu-satunya proposal yang lolos dari UNS dan termasuk 120 proposal yang lolos dan didanai Kemenristek Dikti dari lebih dari 1200 proposal yang masuk.  Dengan lolosnya proposal ini maka yang bersangkutan berhak mendapatkan dana pembiayaan dari Kemenristek Dikti untuk melakukan pembinaan di desa Miri, Kismantoro, Wonogiri. Desa Miri merupakan salah satu desa di wilayah Kabupaten Wonogiri yang menjadi sentra dari produk empon-empon terutama jahe dan kunir putih.

produk-jahe-instan

Bentuk pembinaan kepada kelompok wanita tani “Ngudi Waras” di Desa Miri adalah melalui bantuan peralatan produksi, pelatihan introduksi alat, pelatihan-pelatihan yang bersifat penguatan kelompok meliputi : materi manajemen kelompok, pembukuan sederhana, analisis usaha dan motivasi usaha. Selanjutnya juga dilaksanakan pelatihan pasca panen misalkan cara pengemasan yang baik, higienes dan menarik, serta membantu proses pemasaran dengan branding “Jahe Instan Ngudi Waras”

Pelaksanaan Program Hibah Bina Desa  (PHBD) di desa Miri dilaksanakan sejak bulan Juni 2016. Dan untuk menjamin keberlangsungan kegiatan agara sesuai dengan yang diharapkan Kemenristik Dikti selaku penyandang dana melakukan visitasi dan evaluasi terhadap program ini. Visitasi dan evaluasi dilakukan Kemenristik Dikti di Fakultas Peranian UNS, Kamis 24 November 2016 dengan dihadiri peserta dari beberapa Perguruan tinggi yang lain.

Program Hibah Bina Desa (PHBD)  adalah program dari Kemenristek Dikti dengan penekanan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

_mg_8462-edit

Melalui program PHBD mahasiswa diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Di sisi lain, masyarakat desa diharapkan mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk diwujudkan menjadi kegiatan nyata atau mengembangkan kegiatan yang telah dirintis masyarakat menjadi lebih berkembang dan bermanfaat.

_mg_8442-edit