Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FP Tanjungpura Pelajari Sistem Penjaminan Mutu FP UNS | Implikasi Revolusi Industri 4.0 pada Sektor Tenaga Kerja | Rekrutmen PT Medion | Rekrutmen Bank BRI | PERHEPI Berperan Kembangkan Konsumsi Pangan dan Pertanian |

Mahasiswa PKP Juarai Ajang PHINISI di Makassar

 

Tiga mahasiswa Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Fakultas Pertanian UNS berhasil menyabet  juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional PHINISI IV yang di selenggarakan di Fakultas Perternakan Universitas Hasanuddin, 28-30 September 2018.

Ke-tiga mahasiswa tersebut adalah  Rizki Andriyani, Setiani Darmastuti, dan Winda Ika Permatasari. Finalis kompetisi tersebut terdiri dari berbagai universitas diantaranya UB,UNDIP,UNPAD,IPB,UNHAS, Universitas Sembilanbelas November  Kolaka. Adapun untuk  Juara 1 diraih Universitas Brawijaya, Juara 2 UNS, Juara 3 IPB, dan Juara Favorit UNHAS.

Tema yang diangkat oleh mahasiswa PKP UNS sehingga menghantarkan menjadi juara 2 adalah “Pemanfaatan Ampas Tahu dan Eceng Gondok (cendatu) Sebagai Pakan Ternak yang Murah dan Bernutrisi untuk Mewujudkan Sustainable Development di Kecamatan Ngemplak”.

“Kami awalnya hanya melakukan studi literatur mengenai kandungan nutrisi dari eceng gondok dan ampas tahu, ternyata keduanya memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga cocok apabila dijadikan sebagai inovasi pakan ternak. Selain bernutrisi, pemanfaatan dari eceng gondok dan ampas tahu tersebut juga dapat mengurangi permasalahan limbah di Kecamatan Ngemplak. Kami sudah praktik membuat pakan ternak cendatu dan melakukan uji coba langsung kepada sapi-sapi di Boyolali, namun untuk penelitian lanjutan mengenai analisis kandungan nutrisi dari keduanya setelah fermentasi belum sempat kami lakukan karena keterbatasan waktu dan biaya”.

‘Saya sangat senang dan bersyukur karena ini pertama kali bagi kami menjuarai ajang LKTI tingkat nasional. Sebenarnya, awalnya kita sedikit ada rasa ragu saat presentasi karena persiapan kami sangat mepet namun Alhamdulillah pada saat lomba kami dimudahkan dan dapat menjawab pertanyaan dr dewan juri. Harapannya kedepan semoga bertambah lagi menemukan ide ide yang inivatif serta solutif dan bermanfaat bagi masyarakat dan tentunya harapan lainnya kami ingin lebih banyak menjuarai ajang perlombaan seperti ini dan bisa bertemu dengan kawan kawan dari berbagai universitas di seluruh Indonesia untuk bertukar pikiran” demikian ditambahkan mahasiswa semester 7  Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) FP UNS.

Acara PHINISI IV ini merupakan acara rutin Himpunan Mahasiswa Peternakan Nutrisi dan Makanan  Ternak Universitas (Humanika UNHAS) tiap tahunnya dan tahun 2018 merupakan tahun ke 4 acara tersebut  digelar.