Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Rekruitmen Tenaga Pendamping Mahasiswa / Alumni | FAPERTA Raih Juara I Lomba Kinerja Antar Fakultas/PPs | FAPERTA dan Korem Warastratama Sinergi Siapkan Lahan Agrowisata dan Arboretum | VISITASI BORANG KINERJA | Sistem Pertanian Berkelanjutan Solusi Terciptanya Ketahanan Pangan |

Faperta Juarai Pekan Inovasi Indonesia

Bogor – 3 mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta berhasil menyabet gelar Juara 3 dalam Final Kompetisi Bina Masyarakat Mahasiswa Pertanian (KBMMP) dalam Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) 2013 yang diselenggarakan oleh Forum for Scientific Studies (FORCES) Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 28-30 November 2013. Dalam Final KBMMP tersebut, tim UNS bersaing dengan 9 Finalis lainnya dari berbagai universitas seluruh Indonesia di antaranya: Universitas Gajah Mada (UGM),Universitas Brawijaya (UB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Hassanuddin (UNHAS), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Universitas Sriwijaya (UNSRI). Selain menjadi Juara 3 untuk kategori KBMMP, tim yang terdiri dari Rachmad Adi Riyanto (ITP/2010), Muhammad Luqman Al Hakim (ITP/2010) dan Prakoso Adi (ITP/2012) juga berhasil meraih predikat Juara Stand Terbaik kategori KBMMP dalam Gelar Produk Pertanian (GKP). Hasil ini menjadikan tim UNS menjadi satu-satunya tim yang berhasil mendapat dua gelar sekaligus yaitu sebagai Juara 3 KBMMP dan Juara Stan Terbaik KBMMP.

Dalam kompetisi KBMMP ini, tim yang diketuai oleh Rachmad Adi Riyanto mempresentasikan program pengabdian masyarakat dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat dengan Mengoptimalkan Potensi Wortel yang Melimpah di Desa Senden, Selo, Boyolali melalui Pendampingan Usaha Produksi DOTEKASU (Dodol Wortel Kaya Susu)”. Program pengabdian masyarakat ini sudah berlangsung mulai tahap persiapan di bulan Februari 2013 dan masih dilakukan pendampingan hingga saat ini. Program yang didanai oleh Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti) dan Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM) dan Hibah MITI ini berhasil memukau dan menarik perhatian dewan juri dalam KBMMP PIMPI 2013. Ketiga dewan juri yang merupakan dosen IPB menyambut baik kerberjalanan program pengabdian masyarakat ini dan memberikan masukan yang membangun untuk perbaikan program ke depan.

PIMPI 2013 merupakan agenda tahunan FORCES IPB yang bertujuan untuk meningkatkan inovasi di bidang pertanian di Indonesia. Pada tahun 2013 ini, PIMPI terdiri dari 4 kegiatan yaitu Kompetisi Bina Masyarakat Mahasiswa Pertanian (KBMMP), Kompetisi Cipta Aplikasi Pertanian (KCAP), Gelar Produk Pertanian (GKP), dan Seminar Nasional. Pemenang KBMMP antara lain Juara 1 adalah tim dari UB,  Juara 2 adalah tim dari UGM,  dan Juara 3 adalah tim dari UNS sekaligus sebagai Juara Stand Terbaik dalam GKP kategori KBMMP. Sedangkan KCAP dimenangkan oleh ITS, UNAIR dan IPB, sedangkan Stand Terbaik KCAP dimenangkan oleh UB.