Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Mahasiswa Fakultas Pertanian Raih Juara Business Plan Tingkat Nasional | Miris Lahan Pertanian di Negeri Agraris, Alumni FUSI FP UNS buat Yayasan Agrowakaf dengan semangat Gerakan Sejuta Harapan (Sejuta Hektar Lahan Pertanian) | Talk Show Membangun Jiwa Wirausaha Muda Inovatif dan Kreatif | Dilema dan Problematika Penyuluhan Pertanian di Indonesia | Mahasiswa FP UNS Latih Wanita Tani Ciptakan Aneka Produk Makanan Lokal |

Mahasiswa Fakultas Pertanian Raih Juara Business Plan Tingkat Nasional

Mahasiswa Fakultas Pertanian  Universitas Sebelas Maret berhasil  membawa pulang gelar juara 3 dalam final Lomba Businiess Plan Shelton Festival 3.0 yang diselenggarakan oleh Fakultas Pendidikan Ekonomi Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,  pada 14 Mei 2018. Tim beranggotakan tiga mahasiswa  Fakultas Pertanian UNS yaitu Ardi Wardianto (S1-Agribisnis), Khoiruddin Shidiq (D3-Agribisnis Peternakan), M. Dharma Prawiratama (S-1 Agribisnis).

Tim UNS berhasil mendapatkan juara 3 setelah melewati tahap seleksi proposal business plan dan tahap persentasi yang diikuti berbagai universitas di Indonesia. Ardi Wardianto menyampaikan  “Dalam kompetisi ini kami mengajukan business plan berjudul CANG SOLO: Carang Gesing Khas Solo “Oleh-oleh Inovatif sebagai Upaya Kreatifitas Pemanfaatan Bahan Pangan Lokal yang Bernilai Ekonomis Tinggi dan Berdaya Saing Tarik Wisatawan”.

“Proposal yang kami usung  secara garis besar memaparkan mengenai potensi makanan khas tradisional kota Surakarta yaitu Carang Gesing yang bisa berdaya saing global melalui inovasi dan pemasaran yang baik”.

“Melalui inovasi produk baik dari varian rasa, kemasan, pengenalan produk, dan penambahan komposisi yang tidak merubah jauh rasa atau khas makanan carang gesing diharapkan dapat menarik wisata dan kalangan umum”.

“Makanan mancanegara yang semakin berkembang saat ini sudah menjadi konsumsi warga negara Indonesia, dengan inovasi yang dilakukan bisa membangkitkan makanan khas tradisional bisa berdaya saing dengan makanan khas mancanegara”.

 

“Harapan kami  gagasan ini bisa segera diimplementasikan secara nyata sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dan penikmat kuliner”, demikian disampaikan Ardi Wardianto mahasiwa Program Studi Agribisnis semester 6.