Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | User Prodi Diploma Tiga Agribisnis : Alumni Diploma Tiga Mempunyai Skill dan Sikap Mental Yang Baik | UNS SERIUS KEMBANGKAN SENTRA PISANG DI JENAWI | Den Cokip, Paduan Cokelat dan Intip Karya Mahasiswa FP UNS | FAPERTA Kembangkan Jatikuwung sebagai Sentra Pepaya Cikita | FAPERTA Siapkan Pendamping Upsus Swasembada PAJALE |

Kuliah Umum : Prospek dan Tantangan Agribisnis

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret bekerjasama dengan Ikatan Petani Pengendalian Hama Terpadu Indonesia (IPPHTI) menyelenggarakan Kuliah Umum, Rabu 16 Maret 2016 di Aula Fakultas Pertanian UNS. Kuliah Umum dilaksanakan dengan menghadirkan narasumber Sekretaris Umum IPPHTI Kustiwa Sudrajat Adinata. Kuliah Umum dihadiri peserta  mahasiswa khususnya dari Program Studi Agribisnis dan staf pengajar.

Dalam kesempatan tersebut Kustiwa Sudrajat Adinata mengangkat tema “Prospek dan Tantangan Agribisnis di Indonesia Terkini”. Kustiwa mengemukakan bahwa tantangan dalam bidang agribisnis secara umum adalah terkonsentrasinya petani hanya di pulau Jawa dengan kepemilikan lahan yang terbatas; konsentrasi pembangunan hanya di wilayah tertentu; masih adanya stigma negatif terhadap pelaku sektor pertanian. Namun demikian Kustiwa menjelaskan lebih lanjut rasa optimisnya terhadap dunia agribisnis karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang besar; peluang pasar yang sangat terbuka; serta ditambah dengan kebijakan negara yang pro pembangunan sektor agraris dan maritim.