Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FAPERTA Diskusikan Restorasi Lahan Gambut | FAPERTA Hadirkan Pakar Pertanian Korea Selatan | Prof. Samanhudi : Alumni Jangan Melupakan Almamater | FAPERTA Selenggarakan Silaturahim Tahunan | FAPERTA Lepas Mahasiswa Asal Vietnam Peserta Program AIMS |

Kuliah Umum Menteri Koperasi dan UKM

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Dr. Syariefuddin Hasan, MM, MBA menyampaikan bahwa kemitraan agribisnis perlu dikembangkan karena Kemitraan agribisnis memiliki manfaat ganda disamping mampu menambah kapasitas produksi, distribusi dan pemasaran, juga melibatkan semakin banyak UMKM di dalamnya. Hal ini disampaikan pada saat memberikan kuliah umum di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Senin 11 Nopember 2013.

Dengan mengambil judul “Koperasi dan Kemitraan Agribisnis” Dr. Syarief Hasan menekankan beberapa hal antara lain :

  1. Agribisnis merupakan jenis kegiatan usaha yang melibatkan banyak petani yang bergerak dari berbagai komoditas, serta melibatkan  berbagai subsektor di bidang pertanian (produsen, distributor, agen dan pengecer).
  2. Apabila dilaksanakan secara terencana, konsepsional dan berkesinambungan, kemitraan agribisnis bersifat menguntungkan karena mampu meningkatkan efisiensi usaha.
  3. Kelembagaan yang paling ideal untuk kemitraan agribisnis adalah Koperasi.
  4. Peran Pemerintah adalah menciptakan dan memelihara iklim usaha yang kondusif, agar kemitraaan tersebut dapat berjalan seiring dengan perkembangan usaha dan kelembagaan pihak yang bermitra.

Dr. Syarief Hasan juga mendorong mahasiswa Universitas Sebelas Maret khususnya Fakultas Pertanian untuk berwirausaha dibidang pertanian karena ketahanan pangan merupakan suatu keadaan yang harus terwujud.