Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Impikan Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup di Pondok Pesantren, Mahasiswa FP Raih Juara | Mahasiswa PKP Juarai Ajang PHINISI di Makassar | Pekan Dosen Tamu : FAPERTA Hadirkan Pakar dari 4 Negara | Konferensi Internasional Pembangunan Berkelanjutan Ilmu Pangan dan Rekayasa Proses : Perspektif Terkini dan Tantangan Ke depan | FAPERTA Hadirkan Peneliti Aplikasi Metabolomik Universitas Osaka Jepang |

Kuliah Umum : Korea Teliti dan Kembangkan Tanaman Serealia

Rabu, 8 Agustus 2018 Fakultas Pertanian menghadirkan Prof. Yoon Seong Tak, guru besar dari Bio Resource Science Dankook University Korea untk memberikan kuliah umum kepada dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Tanah. Kuliah umum diselenggarakan sebagai bentuk implementasi dari beberapa kesepakatan kerjasama antara Fakultas Pertanian UNS dengan Bio Resource Science Dankook University  yang telah ditandatangai beberapa waktu yang lalu. Tema yang diangkat Prof. Yoon Seong Tak dalam kuliah umum ini adalah “Trends of Minor Grains Industry in Korea”.

 

Dalam kesempatan tersebut Prof. Yoon menyampaikan bahwa di Korea telah terjadi perubahan disektor pertanian, pada tahun 1970 sektor pertanian menyumbang 26,4% dari GNP, sedangkan pada tahun 2011 dari sektor pertanian hanya menyumbang 2,6 % dari GNP Korea. Kecenderungan penurunan konstribusi dari sektor pertanian berlangsung secara kontinyu.  Begitu juga pada  pola konsumsi makanan rakyat Korea banyak terjadi perubahan, yang awalnya banyak mengkonsumsi beras/nasi sekarang lebih banyak mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, daging dan susu.

 

Lebih lanjut Prof. Yoon menambahkan, dimulai  15 tahun yang lalu sampai saat ini  di Korea banyak dilakukan penelitian dan pengembangan mengenai tanaman serealia seperti milet, jewawut, canthel. Jenis tanaman ini merupakan sumber makanan selain padi/beras dan terbukti banyak mengandung bahan yang bermanfaat bagi tubuh seperti polyphenol dan anthocyanin.