Info Pertanian: Aplikasi Nanopestisida Pada Cabai Merah Hasilkan Produk Melimpah | Teknologi Tepat Guna Getuk Keju Frozen | Lowongan Kerja Junior Agronomist | Seminar Nasional Peningkatan Produktivitas Ternak Tropis Terpadu Berkelanjutan di Era Revolusi Industri 4.0 | Kuliah Umum ‘HOW TO BE AN INTERNATIONAL SCIENTIST` A Story of The Development of Advanced Microwave Remote Sensing Technology’ |

Kuliah Umum ‘HOW TO BE AN INTERNATIONAL SCIENTIST` A Story of The Development of Advanced Microwave Remote Sensing Technology’

Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret sebagai institusi pendidikan dituntut untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan memiliki kompetensi unggul secara global. Salah satu aspek yang perlu dimiliki oleh mahasiswa adalah kemampuan soft skill sebagai bekal mereka menjalankan peran di berbagai ragam bidang sesuai profesi, salah satunya ilmuwan. Untuk membekali wawasan dan motivasi mahasiswa sebagai seorang sebagai seorang ilmuwan, Selasa, 12 November 2019 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan kuliah umum yang menghadirkan Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D, pakar dari Center for Environmental Remote Sensing, Chiba University Jepang, diaspora Indonesia yang sukses dimanca negara dengan banyak paten hasil penelitian bidang teknologi pencitraan (radar).

Kuliah umum diselenggarakan di aula Fakultas Pertanian, diikuti oleh sekitar 250 mahasiswa Fakultas Pertanian serta Fakultas Teknik. Dengan mengambil topik ‘How To Be An International Scientist: Development of Advanced Microwave Remote Sensing Technology’ peserta kuliah memperoleh beragam tips untuk menjadi seorang ilmuwan yang bertaraf internasional.

Dalam kuliah tersebut Profesor Josaphat menyampaikan beberapa kunci yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan diantaranya : (1) selalu membuat catatan kecil sebagai budaya ilmuwan; (2) membiasakan melakukan riset; (3) mendengarkan isu global untuk melihat posisi Indonesia dalam riset dunia; (4) mengembangkan kemampuan teori (dengan terbiasa melihat, mengkaji dan menggambarkan fenomena di sekeliling kita); (5) menciptakan prestasi setiap hari; (6) menyusun roadmap hidup; (7) menyusun sebuah cita-cita, memikirkan cara mewujudkannya dengan mengeksplorasi secara terus-menerus sehingga akan menjadi the only one; (8) menjadikan diri menjadi pribadi yang bisa dipercaya; (9) menjadikan penghargaan bukan sebagai tujuan melainkan bonus.

 

 

 

Dalam akhir paparan, pemateri juga menyampaikan beberapa spirit yang bisa dijadikan panduan menjadi pribadi dan ilmuwan yang berkelas dunia. Beberapa diantaranya: (1) berkepribadian dan bertingkahlaku sopan dengan spirit positif; (2) selalu menjaga cita-cita dan ide; (2) selalu menyadari dan menjaga harga diri; (3) selalu berbicara dan berfikir positif; (4) cepat bangkit dari kegagalan dan kerugian; (5) selalu melihat bagian baik dari orang dan karya; (7) mengumpulkan kekuatan dan kelebihan diri sendiri; (8) selalu menjaga dan meningkatkan semangat; (9) optimis pada masa depan dan selalu melihat ke depan; (10) kolega, laboratorium dan teman adalah harta berharga; (11) menyebarluaskan pengetahuan ke seluruh dunia.

Disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Samanhudi, SP,M.Si., penyelenggaraan kuliah umum dengan mendatangkan beragam narasumber baik dari dalam negeri maupun luar negeri bertujuan memperkaya wawasan mahasiswa mengenai beragam isu maupun teknologi pertanian yang berkembang cepat. Topik kuliah hari ini diharapkan dapat mengisi dua aspek sekaligus, yakni wawasan tentang teknologi pencitraan radar dan aplikasinya dalam sektor pertanian serta meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menjadi ilmuwan dan pribadi yang positif yang siap berkompetisi global dan menjadi leading scientist di bidangnya.