Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Rekruitmen Tenaga Pendamping Mahasiswa / Alumni | FAPERTA Raih Juara I Lomba Kinerja Antar Fakultas/PPs | FAPERTA dan Korem Warastratama Sinergi Siapkan Lahan Agrowisata dan Arboretum | VISITASI BORANG KINERJA | Sistem Pertanian Berkelanjutan Solusi Terciptanya Ketahanan Pangan |

Kuliah Umum Gubernur Jateng dan Pencanangan Penanaman Pohon “One Student Five Trees”

Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP, Rabu 24 Februari 2016 mengadakan kunjungan di Fakultas Pertanian UNS. Kunjungan Gubernur Jawa Tengah dilaksanakan dalam rangka memberikan Kuliah Umum di hadapan mahasiswa Fakultas Pertanian UNS dengan mengangkat tema “Peran Generasi Muda Pertanian dalam Kedaulatan Pangan”. Turut hadir dalam Kuliah Umum ini adalah Rektor, Wakil Rektor, Dekanat dan Kepala Program Studi.

Selain memberikan Kuliah Umum, Gubernur juga mengagendakan pencanangan penanaman pohon “One Student Five Trees” dalam rangka Lustrum VIII Universitas Sebelas Maret. Secara simbolis Gubernur bersama pimpinan UNS dan mahasiswa melakukan aksi penanaman pohon buah-buahan di lingkungan UNS.   Program pencanangan “One Student Five Trees”  merupakan kelanjutan dari program sebelumnya yaitu “One Student One Tree” yang telah dilaksanaakan sejak awal 2014. Kegiatan ini tidak terlepas dari program yang dicanangkan UNS yaitu sebagai “Kampus Hijau” atau “UNS Go Green” beberapa waktu yang lalu.  Berbagai program telah dicanangkan dan berbagai kegiatan telah dilaksanakan. Seluruh sivitas akademika dan semua fakultas yang ada di lingkungan UNS ikut berperan untuk mendukung program tersebut.

Dimana dalam kegiatan tersebut setiap mahasiswa baru baik program S1 maupun Diploma III wajib menanam lima pohon dan memeliharanya serta melaporkan secara berkala. Adapun tanaman tersebut sebagai bukti atau merupakan salah satu syarat kelulusan (yudisium) mahasiswa bersangkutan. Jenis dan klasifikasi tanaman adalah pohon pelindung, pohon langka, pohon buah-buahan atau tanaman lain yang ditentukan oleh Fakultas. Setelah penanaman mahasiswa wajib mengisi Sistem Informasi Monitoring Penanaman Pohon yang merupakan laporan perkembangan pohon setelah ditanam. Sedangkan untuk lokasi penanaman pohon oleh mahasiswa adalah di lokasi desa binaan masing-masing UKK/HM. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Pertanian UNS dengan Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Propinsi Jawa Tengah. Dimana dalam perjanjian tersebut, kedua belah pihak bekerjasama dalam membentuk Lembaga Sertifikasi Penyuluh (LSP) dibawah lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Dekan FP UNS Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS mengatakan bahwa peran generasi muda khususnya mahasiswa Fakultas Pertanian UNS harus aktif dan siap untuk berkiprah dalam pembangunan pertanian khususnya ikut mensukseskan pembangunan swasembada pangan.