Info Pertanian: Mahasiswa FP UNS Raih Medali Emas di Ajang World Invention and Technology Expo | Mahasiswa FP UNS Raih Juara LKTI, Berkat Inovasi Teh dari Kulit Ari Kacang Hijau | Motivasi Mahasiswa di Dunia Karir dan Bisnis, FP UNS Hadirkan Para Profesional | Inisiasi Gerakan Ibu Rumah Tangga Peduli Sampah, Mahasiswa FP UNS Raih Juara Nasional | Kuliah Umum : “AIM” Pola Berfikir Kreatif Ala Pengusaha |

Kuliah Umum : “AIM” Pola Berfikir Kreatif Ala Pengusaha

Program Studi D3 Agribisnis Fakultas Pertanian UNS, Kamis 26 September 2019 menggelar kuliah umum dengan mengangkat tema ‘Sukses Menjadi Wirausaha Agribisnis”. Kuliah umum dibuka Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Samanhudi, SP, M.Si serta dihadiri dosen dan mahasiswa Program Diploma 3 Agribisnis. Narasumber dalam kuliah umum ini adalah Direktur LSP Agribisnis Ir. Iman Tjipta Pudjoutomo, MM; Achie Mahfudloh, MBA, Founder Stocksgrow Community; dan Dr. Inanti Hidayati S, Founder dan owner Attaqifarm.

Dalam sambutan pembukaan, Prof. Samanhudi menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan kuliah umum yang menghadirkan narasumber dari lembaga sertifikasi profesi dan para pengusaha. Disampaikan Dekan bahwa hal ini sejalan dengan program prioritas yang akan dilaksanakan pada periode kepemimpinan beliau yaitu : program akreditasi/sertifikasi program studi berskala internasional; program sertifikasi/akreditasi laboratorium; dan program sertifikasi kompetensi bagi alumni.

Mengawali untuk memberikan materi adalah Ir. Iman Tjipta Pudjoutomo, MM dengan megangkat tema “Pengembangan Sumberdaya Manusia Berbasis Kompetensi”.  Disampaikan Ir. Iman bahwa paling tidak terdapat 10 kompetensi yang harus dimiliki oleh wirausahawan antara lain :

  1. Knowing your business, harus mengetahui bisnis yang akan diusahakan;
  2. Knowing the basic business management, mengetahu dasar-dasar pengeloaan bisnis;
  3. Having the proper attitude, yaitu harus memiliki sikap yang benar terhadap usaha yang dilakukan;
  4. Having adequate capital, memilki modal yang cukup;
  5. Managing finance effectively, memiliki kemampuan mengatur dan mengelola keuangan yang baik dan efisien;
  6. Managing time effiently; kemampuan mengatur waktu yang baik;
  7. Managing people; kemampuan mengatur, mengorganisasikan orang-orang dalam menjalankan usahanya;
  8. Satisfying customer by providing hight quality product; yaitu dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dalam penyediaan barang yang berkualitas, bermutu dan memuaskan;
  9. Knowing how to compete; mengetahu cara bagaimana harus bersaing;
  10. Copying with regulation and papperwork; yaitu membuat aturan atau pedoman yang jelas.

Sedangkan narasumber yang lain  Dr. Inanti Hidayati S, Founder dan owner Attaqifarm mengangkat permasalahan “Berfikir Perubahan Ala Entrepreneur”. Disampaikan Dr. Inanti bahwa dia memulai usaha Attaqifarm berangkat dari pandangan generasi muda yang menganggap dunia pertanian itu kotor, pertanian identik dengan kemiskinan, dll. Hal itulah yang menjadi tantangan sehingga bisa mendirikan Attiqafarm dan berhasil hingga sekarang ini.

Konsep dari Attiqafarm adalah agroeduwisata yang merupakan gabungan dari wirausaha, edukasi pertanian dan penelitian serta wisata dan rekreasi. Inanti juga memberikan tips berfikir kreatif kepada peserta yaitu pola “AIM” yang merupakan kepanjangan dari Amati, Ikuti dan Modifikasi, dan pola inilah yang membawa Inanti menuju kesuksesan seperti sekarang.