Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FP UNS Gembleng Mahasiswa Baru dengan Achievement Motivation Training (AMT) | FAPERTA Lepas Mahasiswa Peserta Internship Magang di Jepang | Usaha Pengembangan Kambing “Boerka” Sangat Prospektif | D3 Agribisnis Selenggarakan Makrab | FP UNS Seminarkan Hasil Penelitian Dosen dan Mahasiswa |

KPPMF Selenggarakan Workshop Penelitian

         Pencapaian visi dan misi Fakultas Pertanian diantaranya adalah melalui upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh dosen yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian UNS. Dengan berakhirnya masa penelitian tahun 2012 dan telah dibukanya ajuan usulan kompetisi penelitian DIPA BLU, maka sudah menjadi kebutuhan untuk diadakan pembekalan dan penguatan kualitas proposal. Skema penelitian DIPA BLU tahun 2013 memiliki format baru berupa penelitian Pemula, Madya, Utama dan Profesi, maka diperlukan sosialisasi persyaratan teknis dan strategi peraihan penelitian yang diselenggarakan kompetisi murni antar dosen dan antar fakultas. Perluasan keterlibatan dosen untuk meneliti dapat dilakukan dengan penguatan proposal penelitian peer research.

            Dalam upaya mengantisipasi hal tersebut Kantor Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas (KPPMF) Fakultas Pertanian, Rabu 12 Desember 2012 menyelenggarakan workshop penelitian dengan mengangkat judul “Sosialisasi Persyaratan Teknis dan Strategis Peraihan Penelitian dan Pengabdian untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Kompetisi Murni antar Dosen dan antar Fakultas dalam Peraihan Dana Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat”. Hadir sebagai nara sumber dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Samanhudi, SP, M.Si dengan mengangkat judul “Strategi Peraihan Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat”; nara sumber kedua adalah Dr. Ir. Endang Yuniastuti, M.Si dengan mengangkat judul “Strategi Penguatan Research Group”. Workshop dibuka oleh Pembantu Dekan II dan dihadiri oleh staf pengajar di lingkungan Fakultas Pertanian UNS. Dr. Agr. Sc.  Rahayu, SP, MP selaku ketua KPPMF mengemukakan bahwa destinasi dari kegiatan workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal, meningkatkan daya kompetitif proposal dan peraihan dana penelitian semaksimal mungkin, serta  memperluas keterlibatan dosen dalam penelitian melalui penguatan peer research.