Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Rekruitmen Tenaga Pendamping Mahasiswa / Alumni | FAPERTA Raih Juara I Lomba Kinerja Antar Fakultas/PPs | FAPERTA dan Korem Warastratama Sinergi Siapkan Lahan Agrowisata dan Arboretum | VISITASI BORANG KINERJA | Sistem Pertanian Berkelanjutan Solusi Terciptanya Ketahanan Pangan |

Kepala BMKG Sampaikan Kuliah Umum di FAPERTA

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat bekerjasama dengan Fakultas Pertanian UNS, Rabu 20 April 2016 menyelenggarakan Kuliah Umum di Aula Fakultas Pertanian UNS. Kuliah Umum disampaikan Kepala BMKG Pusat Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng. dengan mengangkat topik “Memahami Dampak Perubahan Iklim Pada Produksi Pangan”. Kuliah Umum dihadiri peserta mahasiswa dan Staf Pengajar Program Studi Ilmu Tanah FP UNS hingga mencapai jumlah lebih dari 250  peserta.

Pada kesempatan tersebut Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng. mengemukakan bahwa air adalah sesuatu yang sangat penting dan vital, karena semua berawal dari air. Apabila terjadi Krisis Air maka akan mengakibatkan terjadinya trigger chaos/ kerusuhan di berbagai sektor, termasuk politik, hingga akhirnya akan mengakibatkan suatu negara menjadi negara yang gagal (failed country). Sebagai contoh adalah beberapa negara di benua Afrika termasuk Somalia.

Selain memberikan Kuliah Umum, BMKG juga menggandeng Universitas Sebelas Maret untuk mengimplementasikan kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Sekolah Lapang Iklim (SLI) adalah  sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang bertujuan untuk menjembatani peningkatan pemahaman mengenai informasi iklim bagi para petugas di lingkungan Dinas Pertainan Daerah, Penyuluh dan petani yang tersebar di seluruh Nusantara.