Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Kuliah Umum : Masalah dan Tantangan Membangun Desa Secara Partisipatif | Kesempatan Berkarir di PT. Sinar Mas | Kesempatan Berkarir Di Gama Plantation | Kesempatan Berkarir di PT. WILMAR | Kemauan untuk Berubah, Kunci Sukses di Era Milenium |

Kemauan untuk Berubah, Kunci Sukses di Era Milenium

Jum’at 27 Oktober 2017 Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan kuliah umum dengan tajuk “Dinamis di Era Milenium”. Kuliah umum menghadirkan narasumber Ir. Johny Rahadi owner “Uncle John” sebuah perusahaan roasting kopi yang telah memiliki pengalaman dibidang per-kopian.

 

Dalam kesempatan tersebut Johny Rahadi yang juga alumni Fakultas Pertanian UNS angkatan tahun 1976 banyak memberikan motivasi dan sharing tentang pengalamannya saat berkarir di perusahaan sampai dengan saat sekarang menjadi owner sebuah perusahaan.

 

Johny menceritakan saat Tmor Timur masih berada di pangkuan RI, tepatnya di tahun 1982, Johny yang lulusan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UNS  sudah mulai mengembangkan perkebunan kopi arabika di sana yang ditinggalkan oleh Portugis. Awalnya peminum kopi robusta ini memang terjun ke kopi karena ia bekerja di salah satu perusahaan yang mempunya lebih dari 100 hektar lahan kopi.  Sedikit demi sedikit Johny mulai belajar secara spesifik agronomi kopi, pasca panen, roasting hingga cupping agar kopinya lolos uji mutu dan menghindari klaim dari para pembeli di luar negeri.   

Selama karirnya di dunia kopi ia telah mendalami roasting, dan bidang inilah yang kemudia ia dalami lagi. Selama dua tahun penuh ia membuka semua literatur tentang cara kerja mesin roasting walau latar belakang ilmunya sama sekali tak bersentuhan dengan studi teknik. Johny mulai membongkar pasang dan mempelajari secara detail cara kerja semua mesin roasting baik yang menggunakan sistem semburan udara panas (hot air) dan pemanasan langsung atau kombinasi keduanya.

 

Prototip mesin roasting pertamanya dengan kapasitas satu kilogram yang ia kerjakan siang malam di rumahnya yang hingga kini sebagian difungsikan sebagai bengkel bekerja tanpa kendala. Momen ini sekaligus menjadi titik awal alur kehidupannya sebagai produsen mesin roasting dalam negeri. Tak tanggung-tanggung, Johny langsung memproduksi mesin yang bisa menggongseng kopi hingga 15 kilogram yang ia masih digunakan hingga sekarang

 

Kerja keras Johny melalui perusahaan yang ia namakan “Uncle John” tak terbatas memproduksi mesin roasting kecil, tapi juga untuk kebutuhan industri yang kapasitasnya bisa ratusan kilogram per batch-nya. Walau sudah mempunyai fasilitas produksi utama yang berlokasi di Parung dengan jumlah karyawan sebanyak 4 orang ia masih tetap mempertahankan kediamannya sebagai bengkel kecil yang juga diawaki oleh empat orang pekerja yang kesemuanya ia perlakukan seperti keluarga sendiri.

 

Di sesi akhir kuliah umum Johny berpesan kepada mahasiswa agar di era milenium ini ada beberapa hal yang harus dilakukakan antara lain :

  1. Harus bisa berubah dengan segala tantangan yang harus dihadapi sesuai dengan  perkembangan jaman/teknologi informasi
  2. Punya strategi dalam berbisnis
  3. Punya etika dalam berbisnis
  4. Punya kemauan untuk belajar
  5. Tidak diam diri