oleh : Sugiharti Mulya Handayani dan Ivana Nurlaila

Jurusan : PETERNAKAN

Kategori : Sains Peternakan

Volume : 9, No. 1, Maret 2011

Kata kunci : biaya, margin, keuntungan, efisiensi pemasaran, farmer’s share

Dibaca: 1000 kali

Didownload: 6313 kali


Abstrack :
Penelitian bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dalam pemasaran susu segar di Kabupaten Klaten, besarnya biaya, keuntungan, margin pemasaran serta efisiensinya. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analitis dan purposive sampling dengan Desa Kayumas Kecamatan Jatinom sebagai dipilihdaerah penelitian. Sampel berjumlah 30 peternak yang diambil dengan metode sample random sampling.Sampel pedagang diambil secara snowball sampling terdiri dari 2 pedagang pengumpul, 3 pedagang pengecer dan 1 pedagang perantara. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diambil pada bulan April 2010 dengan teknik wawancara, pencatatan dan observasi. Analisis data menggunakancost margin analysis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ada dua pola saluran pemasaran susu segaryaitu, saluran I: peternak → TPS → KUD  IPS, home industry, pedagang pengecer, dan konsumen. Saluran II : peternak → pedagang  pengumpul → pedagang luar Kecamatan Jatinom. Pada saluran I total biaya pemasaran adalah Rp. 263,76, keuntungan Rp. 143,26 dan margin pemasaran Rp. 328,26 per liter. Untuk saluran pemasaran II total biaya pemasaran Rp. 52,93, keuntungan Rp. 60,07 dan margin pemasaran Rp. 81,50 per liter. Kedua saluran pemasaran sudah efisien dengan nilai farmer’s share 89,06 % untuk saluran I dan 97,24 % untuk saluran II. 


Download file

kembali