Info Pertanian: UNS Dorong Petani Temanggung Tingkatkan Mutu Kopi | Perpanjangan Jadwal Open Recruitment Trainer Training Softskill | Ciptakan “Rumah Pintar Berbasis Edukasi Pertanian” Mahasiswa UNS Juarai LKTI-A | Mahasiswa Fakultas Pertanian UNS Sabet Penghargaan Gold Medal di Ajang Japan Design, Idea, and Invention Expo 2019 di Tokyo | Pendaftaran Beasiswa PPA Tahun 2019 |

Implikasi Revolusi Industri 4.0 pada Sektor Tenaga Kerja

Rabu, 5 Desember 2018 Program Studi Agribinis Fakultas Pertanian UNS bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian, Kementerian Pertanian RI menyelenggarakan kuliah umum dengan mengangkat tema “Revolusi Industri 4.0 : Tantangan dan Implikasinya Pada Pasar Tenaga Kerja Sektor Pertanian”. Kuliah Umum menghadirkan narasumber Ir. Winarhadi, MM Widyaiswara pada  Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian, Kementerian Pertanian RI yang juga alumni Fakultas Pertanian UNS angkatan tahun 1976.  Kuliah umum dihadiri pengajar dan mahasiswa Program Studi Agribisnis hingga berjumlah lebih dari 200 peserta.

Dalam kesempatan tersebut Winarhadi banyak menyampaikan arah kebijakan dan peta jalan bagaimana negara melakukan antispasi atas isu strategis dan tantangan kedepan.  Disampaikan bahwa tantangan dan isu-isu strategis yang dihadapi bangsa Indonesia kedepan adalah masalah daya saing bangsa yang sangat dipengaruhi oleh bebrapa faktor antara lain : Korupsi, Inefeisiensi pemerintahan, akuntabilitas publik, pelayanan publik, birokrasi yang berkelas dunia dan kompleksitas manajemen ASN.

Winarhadi juga mendorong mahasiswa agar selalu meningkatkan kemampuannya “Mahasiswa harus bisa melengkapi diri dengan kompetensi yang lain agar mampu bersaing di dunia kerja era revolusi industri 4.0.”

“Tanpa melengkapi diri dengan kompetensi yang lain serta mampu merubah pola pikir dan pola sikap maka seeorang tidak akan mampu bersaing” demikian disampaikan alumni  program studi Sosial Ekonomi Pertanian FP UNS angkatan 76.