Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FP Tanjungpura Pelajari Sistem Penjaminan Mutu FP UNS | Implikasi Revolusi Industri 4.0 pada Sektor Tenaga Kerja | Rekrutmen PT Medion | Rekrutmen Bank BRI | PERHEPI Berperan Kembangkan Konsumsi Pangan dan Pertanian |

Impikan Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup di Pondok Pesantren, Mahasiswa FP Raih Juara

Mahasiswa Fakultas Pertanian UNS berhasil menyabet juara 3 (2nd Runner Up) dalam kejuaraan Ling Art Essay Competition (LAEC 2018) 5 – 7 Oktober di Universitas Negeri Semarang. Kejuaraan diikuti 15 tim yang berasal dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Tim UNS terdiri 2 orang  yaitu Ginanjar Dwi Cahyanto, Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP FP UNS) dan Kholil Mudlaafar dari Program Studi Ilmu Sejarah UNS.

Lewat judul karya tulis “PESAWAT : Pondok Pesantren Impian Berbasis Adiwiyata Mandiri Menuju 2045”, Ginanjar ingin mengangkat permasalahan terkait lingkungan yang ada di pondok pesantren yang hampir sebagian besar kurang bersih, sehingga hal itu menyebabkan para santri banyak yang terkena penyakit, demikian disampaikan Ginanjar.

Lebih lanjut dikemukakan “Konsep Adiwiyata Mandiri itu sendiri konsep pendidikan pelestarian lingkungan hidup yang mencakup sarana edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan yang sebenarnya hanya diperuntukan sekolah formal (SD, SMP, SMA sederajat). Sementara “PESAWAT” datang untuk mewujudkan pesantren impian dengan sarana edukasi, kreativitas, entrepreneurship, dan berkelanjutan. Bidang penerapan yang ada dalam pesawat meliputi pendidikan, ekonomi, pertanian, dan lingkungan hidup. Bidang pertanian masuk dalam “PESAWAT” karena pemerintah memiliki program pemberdayaan pertanian pesantren dan program bedah kemiskinan rakyat sejahtera yang selaras dengan adiwiyata”.

” Alhamdulillah saya bersyukur dapat diberikan kesempatan untuk menjuarai. Saya berharap karya saya dapat bermanfaat untuk banyak orang dan dapat terealisasikan”  demikian ungkapan penutup yang disampaikan mahasiswa PKP angkatan 2016 yang juga penerima beasiswa Rumah Kepemimpinan dan Alumni Pondok Pesantren.