Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Wirausaha Muda Mandiri : Tampil Beda | User Prodi Diploma Tiga Agribisnis : Alumni Diploma Tiga Mempunyai Skill dan Sikap Mental Yang Baik | UNS SERIUS KEMBANGKAN SENTRA PISANG DI JENAWI | Den Cokip, Paduan Cokelat dan Intip Karya Mahasiswa FP UNS | FAPERTA Kembangkan Jatikuwung sebagai Sentra Pepaya Cikita |

Ilmu dan Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pertanian merupakan bagian dari Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret yang terdiri dari program studi Ilmu dan Teknologi Pangan dan Teknologi Hasil Pertanian. Jurusan yang resmi berdiri pada tahun 2004 ini menghasilkan lulusan sarjana teknologi pangan yang mempunyai kualifikasi untuk terjun dalam bidang industri pangan.

Beberapa fasilitas yang dimiliki Jurusan Teknologi Pertanian antara lain Laboratorium Rekayasa Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian serta Laboratorium Pangan dan Gizi. Keberadaan laboratorium sebagai salah satu sarana belajar bagi mahasiswa sangat menunjang dalam mempelajari beberapa kajian ilmu seperti mikrobiologi, kimia, rekayasa proses pengolahan pangan, maupun analisis hasil pertanian. Kegiatan akademik juga didukung oleh staf pengajar yang berjumlah 20 staf pengajar.

Selain palaksanaan kegiatan akademis, jurusan Teknologi Pertanian aktif dalam kegiatan keilmiahan seperti penerbitan Jurnal Teknologi Pertanian yang bekerja sama dengan ahli teknologi pangan dari instansi lain yang terkait. Kegiatan pengabdian masyarakat juga terus digiatkan melalui berbagai program penyuluhan dan pelatihan terkait dengan inovasi pengolahan pangan dan optimalisasi produk pangan lokal.

Kegiatan mahasiswa jurusan Teknologi Pertanian yang bersifat keprofesian dinaungi oleh himpunan mahasiswa jurusan yaitu HIMAGHITA (Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian). Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, mahasiswa diarahkan untuk melatih soft skill sehingga nantinya siap bersaing di dunia kerja. Selain itu, berbagai kegiatan yang bekerja sama dengan jurusan Teknologi Pertanian maupun instansi lain yang terkait juga diharapkan dapat melatih mahasiswa untuk peka terhadap permasalahan pangan nasional maupun perkembangan industri pangan. Berbagai karya ilmiah yang dihasilkan mahasiswa jurusan Teknologi Pertanian sering kali menjuarai berbagai lomba inovasi produk pangan dan terus diaplikasikan ke masyarakat sebagai bentuk dedikasi mahasiswa maupun jurusan Teknologi Pertanian terhadap perkembangan dan ketahanan pangan Indonesia.

Website Ilmu dan Teknologi Pangan : http://ilmupangan.fp.uns.ac.id