Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | UNS hadirkan Penyuluh Pemerintah dan Perusahaan | Wirausaha Muda Mandiri : Tampil Beda | User Prodi Diploma Tiga Agribisnis : Alumni Diploma Tiga Mempunyai Skill dan Sikap Mental Yang Baik | UNS SERIUS KEMBANGKAN SENTRA PISANG DI JENAWI | Den Cokip, Paduan Cokelat dan Intip Karya Mahasiswa FP UNS |

HMP Apaloosa

Himpunan Mahasiswa Peternakan (HMP APALOOSA)

Profil

Ranah kerja HMP Appaloosa adalah bergerak pada bidang peternakan, yang organisir oleh mahasiswa peternakan dari berbagai angkatan. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh organisasi senantiasa behubungan dengan peningkatan kualitas bidang peternakan. Kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan antara lain adalah pengembangan desa binaan dan bakti sosial.

Humpunan ini didirikan untuk menampung aspirasi mahasiwa peternakan dimana setiap anggota mendapatkan hak untuk menyampaikan aspirasinya dalam lembaga ini baik secara lisan maupun tertulis. Melalui media media yang telah disediakan oleh pengurus.

HMP Appaloosa adalah organisasi kemahasiwaan dipimpin oleh mahasiswa peternakan yang ditunjuk dalam rapat anggota dan dibimbing oleh dosen yang ditunjuk oleh jurusan untuk mengarahkan pelaksanaan program-program kerja yang telah dirancang jauh-jauh hari.

Bidang-bidang yang ada didalamnya:

Kesekertariatan memiliki tugas untuk menjaga dan merawat kantor kerja HMP Appaloosa dari awal sampai akhir kepengurusan. Mengatur penataan barang-barang yang ada di sekertariatan, mendata nama-nama mahasiswa yang ikut dalam organisasi. Mencatat surat masuk dan keluar dari organisasi. Membuat susunan kepengurusan setiap periodenya dan menjaga kesodildan pengurus pada setiap periodenya.

Bendahara bertugas megatur arus keluar masuk pendanaan dalam setiap kegiatan yang dilakukan HMP Appaloosa. Penyusunan laporan keuangan keluar masuk dana HMP Appaloosa dan disampaikan kepada anggota saat LPJ. Melakukan pembuatan seragam organisasi untuk menmbedakan antara pengurus dan anggota, melakukan pelaporan keuangan kepada bidang kemahasiswaan dilingkup fakultas.

Kaderisasi mempuanyai tugas untuk melakukan pengkaderan kepada mahasiwa-mahasiswa peternakan yang ada di Fakultas Pertanian Jurusan Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Melakukan pelatihan-pelatihan pengembangan diri untuk siap menghadapi dunia kampus dan pasca kampus. Senantiasa mengadakan kegiatan motivasi kepada anggota dan pengurus.

Keilmiahan berfungsi sebagai wadah mahasiswa peternakan untuk menambah wawasan dibidang keilmuan melalui beberapa kegiatan dalam peningkatan wawasan seperti pelatihan pembuatan produk peternakan, pendampingan pembuatan karya tulis yang ada hubunganya dengan bidang peternakan.

Kewirausahaan adalah bidang kemandirian mahasiswa dengan  ranah kerjanya adalah untuk penggalian dana mandiri yang dikhususkan  pada bidang peternakan. Kegiatan yang dilakukan seperti pembuatan Farm dan usaha pengembangan dana yang diperoleh dari investor untuk pengembangan usaha peternakan.

Humas adalah bidang yang dibuat untuk senantiasa menjalin hubungan baik dalam fakultas maupun di luar, menjalin ikatan alumni dan lembaga profit. Senantiasa menjalin hubungan baik dengan Unit Kegiatan Mahasiswa yang lain dalam menyamakan frame ranah kerja dan hubungan silaturahim.

Media dan Informasi adalah bidang yang berwenang  untuk senantiasa memberikan informasi yang berhubungan dalam dunia peternakan. Informasi yang diberikan melalui beberapa media cetak maupun elektronik, untuk saat ini bidang ini sudah memiliki blog dengan alamat appaloosatoday.blogspot.com dimana setiap informasi yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan appaloosa dapat diperoleh disana.