Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Implikasi Revolusi Industri 4.0 pada Sektor Tenaga Kerja | Rekrutmen PT Medion | Rekrutmen Bank BRI | PERHEPI Berperan Kembangkan Konsumsi Pangan dan Pertanian | Seminar : Soil Health Managament |

HM PELITA : LKTI dan Seminar Nasional AgriXplosion 2018

Himpunan Mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (HM Pelita) Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian UNS  mengadakan acara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dan Seminar Nasional AgriXplosion 2018 dengan tema “Inovasi Generasi Milenial dalam Pembangunan Pertanian untuk Menghadapi Persaingan Global” yang dilaksanakan  9-11 November 2018. Acara ini diawali dengan Grand Final LKTI dengan menampilkan Presentasi 10 tim terbaik yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Pemenang dari Grand Final LKTI adalah Juara 1 tim dari Universitas Negeri Malang; Juara 2 tim dari Universitas Negeri Jember; Juara 3 tim dari Universitas Brawijaya dan Best Poster tim dari Universitas Padjajaran.

 

Hari ke-dua Sabtu, 10 November dilanjutkan dengan AgriXplosion Case yang merupakan diskusi tanya jawab beserta penyampaian mosi dengan topik berupa “Kartu Tani sebagai Wujud Pertanian Modern”.

Acara Seminar nasional AgriXplosion 2018 ini dilaksanakan di Aula Gedung B Fakultas Pertanian UNS  dengan menghadirkan pembicara dari 3 sektor, yaitu pemerintah, perguruan tinggi, dan praktisi. Pembicara pertama yaitu dari pemerintah, Drs Seno Samodro selaku Bupati Boyolali, yang pada saat itu berhalangan hadir dan digantikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto. Pembicara kedua yaitu dari perguruan tinggi,  Prof. Dr. Ir. Tualar Simarmata, M.S selaku Guru Besar Universitas Padjadjaran. Pembicara ketiga yaitu dari praktisi, Kak Rici Solihin selaku Duta Petani Muda Indonesia 2016 sekaligus sebagai owner Paprici.

Acara seminar nasional AgriXplosion 2018 dipandu oleh seorang moderator yaitu Zaini Ahsan Prahendra, mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian angkatan 2015 yang sekaligus sebagai Ketua Umum HM Pelita 2017. Seminar nasional AgriXplosion 2018 menggunakan sistem diskusi panel, sehingga dalam acara kali ini terdapat 2 panelis yang memberikan tanggapan maupun pertanyaan khusus kepada pembicara. Panelis pertama yaitu dari mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian angkatan 2015, Windy Ika Safitri. Panelis kedua yaitu dari dosen program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Dr. Dwiningtyas Padmaningrum, S.P., M.Si.

Minggu, 11 November 2018 Merupakan hari terakhir berupa Fieldtrip. Fieldtrip pertama ke Kampung Batik Laweyan. Finalis AgriXplosion diajarkan untuk membatik dan hasil karya masing-masing finalis dapat dibawa pulang, selain membatik finalis diajak jalan-jalan keliling kampung Batik Laweyan dan mengunjungi salah satu tempat pembuatan batik. Fieldtrip kedua yaitu mengunjungi museum Keraton kasunanan Surakarta. Finalis diajak mengelilingi museum, melihat koleksi barang-barang peninggalan khas keraton yang bersejarah, dan mengetahui sejarah perkembangan keraton Surakarta. Kegiatan selanjutnya membeli oleh-oleh di Pasar Klewer.