Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Rekruitmen Tenaga Pendamping Mahasiswa / Alumni | FAPERTA Raih Juara I Lomba Kinerja Antar Fakultas/PPs | FAPERTA dan Korem Warastratama Sinergi Siapkan Lahan Agrowisata dan Arboretum | VISITASI BORANG KINERJA | Sistem Pertanian Berkelanjutan Solusi Terciptanya Ketahanan Pangan |

GERAKAN TANAM POHON “SATU MAHASISWA SATU POHON”

Satu pohon memiliki sejuta manfaat bagi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup. Namun, beberapa tahun belakangan ini, pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang dan dikorbankan. Hilangnya satu pohon telah memutus mata rantai kehidupan. Pohon ditebang menyebabkan panas bumi meningkat, jumlah pasokan oksigen semakin berkurang dan tingkat polusi udara cenderung meningkat.

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka sangat peduli dengan kelestarian lingkungan hidup. Sebagai bentuk dari kepedulian tersebut, UNS telah mencanangkan diri sebagai ‘kampus hijau’ dengan program UNS go green-nya beberapa bulan yang lalu. Berbagai program telah dicanangkan dan berbabagai kegiatan telah dilaksanakan. Seluruh civitas academica dan semua fakultas yang ada di lingkungan UNS ikut berperan untuk mendukung program tersebut.

Fakultas Pertanian UNS dalam rangka mendukung program UNS menuju Green Campus menyelenggarakan Gerakan Menanam Pohon “One Student One Tree” Jum’at, 9 Januari 2015. Dimana dalam kegiatan tersebut setiap mahasiswa baru angkatan tahun 2014 baik program S1 maupun Diploma III wajib menanam satu pohon dan memeliharanya dan melaporkan secara berkala dan bukti tanamannya tersebut merupakan salah satu syarat untuk lulus (yudisium).

Adapun jenis dan klasifikasi tanaman adalah pohon pelindung, pohon langka, pohon buah-buahan atau tanaman lain yang ditentukan oleh fakultas. Setelah penanaman mahasiswa wajib mengisi Sistem Informasi Monitoring Penanaman Pohon.Yang merupakan laporan perkembangan pohon yang ditanam. Sedangkan untuk lokasi penanaman adalah di lingkungan FP UNS, kebun percobaan milik fakultas atau lokasi lain yang ditentukan fakultas.

Dekan FP UNS Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS mengemukakan bahwa kewajiban menanam pohon bagi mahasiswa baru dimaksudkan untuk membentuk sikap dan perilaku mahasiswa agar peduli lingkungan. UNS perlu menjadi pelopor konservasi nilai-nilai filosofis menanam. Upaya menumbuhkan kesadaran diri akan nilai-nilai filosofis menanam bagi civitas akademika dan masyarakat lokal menjadi tugas mulia UNS sebagai warga dunia. Menanam dengan hati adalah warisan semangat terindah bagi anak cucu kita.