Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FP UNS Gembleng Mahasiswa Baru dengan Achievement Motivation Training (AMT) | FAPERTA Lepas Mahasiswa Peserta Internship Magang di Jepang | Usaha Pengembangan Kambing “Boerka” Sangat Prospektif | D3 Agribisnis Selenggarakan Makrab | FP UNS Seminarkan Hasil Penelitian Dosen dan Mahasiswa |

FP UNS Siapkan Alumni Dampingi Petani Swasembada Komoditas Pangan Strategis

Kementerian Pertanian melalui Program Upaya Khusus (Upsus) padi, jagung dan kedelai (Pajale) telah berhasil mendorong terwujudnya swasembada pangan utamanya komoditi padi dan jagung pada tahun 2017.

Kementerian Petanian melalui anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2017 mengalokasikan kegiatan dan anggaran untuk mencapai swasembada berkelanjutan dengan difokuskan pada penguatan perbenihan komoditas pangan strategis yaitu kedelai, hortikultura, dan tanaman perkebunan :  kelapa, kakao, cengkeh.

 

Hal tersebut merupakan bahasan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengawalan/Pendampingan Kegiatan APBN-P tahun 2017, di Fakultas Pertanian UNS, Selasa 26 September 2017.

Peserta bimbingan teknis adalah para alumni baik dari UNS maupun dari perguruan tinggi lain yang telah dinyatakan lulus seleksi sebanyak 75 peserta.

 

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Pertanian UNS mengharapkan agar peserta disiplin dalam mengikuti bimbingan teknis dan serius dalam melaksanakan tugas nantinya.

 

“Selanjutnya setelah mengikuti bimbingan teknis, peserta akan ditempatkan di berbagai wilayah di Jawa Tengah meliputi Kabupaten Rembang, Pati, Wonogiri, Sragen dan Karanganyar selama dua bulan kedepan”.

 

Dekan juga berpesan agar peserta dalam pelaksanaan pendampingan nantinya tidak terkesan menggurui petani tetapi melaksanakan tugas sebagai pendamping para petani. Sedangkan tujuan dari kegiatan pendampingan ini adalah tercapainya produktifitas tanaman hortikultura dan perkebunan demikian ditambahkan Dekan.