Info Pertanian: Dukung Pertumbuhan Agrosociopreneur Bidang Pertanian, Petrokimia Gresik Sambangi FP UNS | KPPU Edukasi Mahasiswa FP UNS Tentang Hukum Persaingan Usaha | Kuliah Umum Pemberdayaan Petani melalui Jejaring Agribisnis | FP UNS Launching Program Studi Pengelolaan Hutan | Pekan Kuliah Tamu : FP UNS Hadirkan Pakar dari Tiga Negara |

FP UNS Launching Program Studi Pengelolaan Hutan

Fakultas Pertanian (FP) UNS meluncurkan Program Studi (Prodi) Pengelolaan Hutan pada hari Jum’at (6/9/2019). Bertempat di Aula FP UNS, peluncuran ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. dan kemudian dilanjutkan kuliah umum bertema “Masa Depan Kehutanan Indonesia” yang disampaikan oleh Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc. selaku Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL). Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh Dirjen PSKL, namun juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ir. Sri Puryono Karto Soedarmo dan Prof. Dr. R. Widyo Pramono, S.H., M.M., M.Hum. selaku Komisaris Bank Mandiri dan mantan Jaksa Agung Muda. Pendirian Prodi Pengelolaan Hutan secara resmi tertuang dalam Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia 1131/KPT/I/2018 tertanggal 18 Desember 2018 lalu.

Ketua Prodi Pengelolaan Hutan, Prof. Dr. Ir. Supriyadi, MS., menyatakan bahwa Prodi Pengelolaan Hutan UNS mencoba mengedepankan spesifikasi dan ciri khasnya pada aspek sosial, ekonomi, dan ecotourism. Upaya tersebut diharapkan mampu mengisi relung kekosongan diantara ekosistem fakultas maupun prodi kehutanan lainnya yang telah lebih dahulu eksis. Lebih lanjut lagi, Prof. Supriyadi menekankan bahwa lulusan prodi ini diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan dalam hal teknis pengelolaan hutan, namun juga dibekali dengan pengetahuan transdisipliner yang bermanfaat dalam penyelesaian masalah sektor kehutanan yang kompleks terutama di era 4.0 yang disruptif.

Senada dengan hal tersebut, Rektor UNS, ditengah-tengah sambutan pembukaan kegiatan launching prodi dan kuliah umum menyinggung tentang kehadiran Prodi Pengelolaan Hutan yang kelahirannya dinilai sejalan dengan momentum penguatan Perhutanan Sosial di Indonesia yang secara implisit menuntut adanya pengetahuan transdisipliner untuk mencapai keberhasilan pengelolaan hutan yang holistik.

Prof. Dr. Samanhudi, S.P., M.Si. selaku dekan Fakultas Pertanian menyatakan bahwa meskipun Pengelolaan Hutan merupakan prodi baru. Namun tidak dapat dikatakan sepi peminat. Untuk penerimaan tahun 2019 saja, dari slot 50 kursi yang ditawarkan, saat ini terdapat 45 mahasiswa yang terdaftar di Prodi Pengelolaan Hutan. Capaian tersebut dapat dikatakan menggembirakan untuk sebuah prodi baru. Lebih lanjut lagi, Dekan Fakultas Pertanian tersebut berharap bahwa kegiatan peluncuran prodi dan kuliah umum ini mampu menjadi langkah awal bagi prodi ini untuk membangun jejaring kerjasama antar institusi yang bermanfaat bagi perkembangan prodi kedepannya.