Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Seminar : Soil Health Managament | HM PELITA : LKTI dan Seminar Nasional AgriXplosion 2018 | FAPERTA Tandatangani Kerjasama Dengan Dinas LHK Jateng | Kuliah Umum : Public Relation di Era Digital | Impikan Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup di Pondok Pesantren, Mahasiswa FP Raih Juara |

FP UNS Gembleng Mahasiswa Baru dengan Achievement Motivation Training (AMT)

Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret,  tanggal 14 – 15 dan 21 – 22 Oktober 2017 menyelenggarakan kegiatan Achievement Motivation Training (AMT) bagi mahasiswa baru angkatan tahun 2017.   Achievement Motivation Training (AMT) dilaksanakan selama empat hari terbagi menjadi dua kelompok besar sehingga setiap program studi mengikuti pelatihan selama dua hari berturut-turut dan dilaksanakan secara bergantian. Achievement Motivation Training (AMT) diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian UNS angkatan tahun 2017 yang terdiri dari enam program studi S1 (Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan, ITP, PKP dan Ilmu Tanah) serta dua program studi DIII (DIII THP dan DIII Agrobisnis). Achievement Motivation Training (AMT) dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ir. Joko Sutrisno, MP.

Peserta AMT mendapatkan materi dalam ruangan dan luar ruangan. Materi dalam ruangan berupa 7 kebiasaan efektif,  sedangkan materi luar ruangan adalah materi outbond yang menekankan kepada implementasi dari teori yang telah diterima oleh peserta sehingga dapat diterapkan didunia nyata melalui permainan.

Kunto Adi, SP, M.P selaku Master of Trainer AMT disela-sela pelaksanaan kegiatan mengemukakan bahwa AMT bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada mahasiswa baru tentang 7 kebiasaan efektif.

Tujuh kebiasaan fektif tersebut adalah :

  1. Jadilah Proaktif
  2. Merujuk pada Tujuan Akhir
  3. Dahulukan yang Utama
  4. Berpikir Menang/Menang
  5. Berusaha untuk Memahami Terlebih dulu, Baru Dipahami
  6. Wujudkan Sinergi
  7. Mengasah Gergaji

 

Lebih lanjut R. Kunto Adi mengharapkan agar 7 kebiasaan efektif tersebut bisa dilaksanakan oleh mahasiswa dalam proses belajar guna peningkatan prestasi baik akademik maupun non akademik dan juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.