Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Faperta UNS Fasilitasi Sekolah Tani Digdaya Muda | Pakar Ekonomi Pertanian Belanda Sampaikan Kuliah Umum di FAPERTA | FAPERTA Lepas Mahasiswa Asal Malaysia dan Vietnam Peserta Program AIMS | Kesempatan Berkarir di PT. AGRICON | Prodi Agribisnis Susun SAR AUN QA |

FGD : Situasi Perberasan Wilayah Jateng dan DIY

Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret bekerjasama dengan PERUM BULOG Rabu, 24 Juni 2015 menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengangkat tema Situasi Perberasan 2015 di Wilayah Jawa Tengah dan DIY. FGD yang dibertempat di Fakultas Pertanian UNS menghadirkan narasumber Damin Hartanto dari PERUM BULOG Divisi Regional Jateng dan Suryo Banendro dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Tengah. Turut hadir dalam diskusi ini adalah para pemangku kepentingan antara lain Perum BULOG Divisi Regional Jateng dan DIY, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Jawa Tengah, Dinas Pertanian se Solo Raya, Badan Ketahanan Pangan serta akademisi.

Dr. Ir. Sri Marwanti, MS selaku Ketua Panitia FGD mengemukakan bahwa tujuan dari FGD adalah mengkaji situasi perberasan di wilayah Jawa Tengah dan DIY serta melakukan pendalaman dan penguatan hasil kajian dari Tim Fakultas Pertanian UNS dengan para pemangku kepentingan.

Dari hasil diskusi yang dilaksanakan sehari tersebut dihasilkan kesimpulan bahwa harga beras di pasaran jauh lebih tinggi di atas harga pembelian pemerintah (HPP) sehingga target pengadaan beras melalui PERUM BULOG terkendala harga pembelian pemerintah (HPP) yang telah ditetapkan, untuk itu diperlukan fleksibilitas mengenai harga pembelian pemerintah (HPP) demikian dikemukakan Dr. Ir. Marwanti, MS.