Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FAPERTA Kembangkan Jatikuwung sebagai Sentra Pepaya Cikita | FAPERTA Siapkan Pendamping Upsus Swasembada PAJALE | Hasil Seleksi dan Undangan Bimtek Pendampingan Mahasiswa / Alumni | Seminar : Peranan Sumber Daya Pertanian dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional | Pengumuman Seleksi Wawancara Pendampingan Mahasiswa/Alumni |

Faperta UNS Fasilitasi Sekolah Tani Digdaya Muda

Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) bersama masyarakat membangun Sekolah Tani Digdaya Muda di Mojogedang, Karanganyar. Salah satu output yang akan dibangun adalah membuat sentra pisang di wilayah itu.

Dimotori oleh Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) FP UNS, Sekolah Tani Digdaya Muda, Rabu (18/1) dicanangkan melalui penandatanganan prasasti di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar. Kegiatan tersebut terwujud atas kerja sama dengan Pusat Pelatihan Penyuluh Pertanian Swadaya (P4KS) dan Kepala Desa Pendem.

Ketua Panitia Penyelenggara, Dr Joko Winarno menjelaskan kegiatan kerja sama ini dawali dengan serangkaian pelatihan pembelajaran ekologi tanah. “Tujuan kegiatan ini adalah upaya memahami kembali proses alamiah yang terjadi di alam. Hal itu sebagai fondasi dan pendayagunaan ekosistem untuk membudidayakan hasil pertanian yang sehat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Prodi PKP Agung Wibowo MSi menandaskan wilayah Desa Pendem ini bisa menjadi laboratorium lapang untuk pembelajaran mahasiswa guna memperdalam teori yang dipelajari di kelas.

Pada bagian lain, Kepala Desa Pendem Heru Murwanto menyambut baik kegiatan itu. Respons positif warga Pendem di antaranya dibuktikan dengan merelakan sebagian tanah kas desa untuk menunjang sekolah tani.

 

 

Sumber : Heru Ismantoro