Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Wirausaha Muda Mandiri : Tampil Beda | User Prodi Diploma Tiga Agribisnis : Alumni Diploma Tiga Mempunyai Skill dan Sikap Mental Yang Baik | UNS SERIUS KEMBANGKAN SENTRA PISANG DI JENAWI | Den Cokip, Paduan Cokelat dan Intip Karya Mahasiswa FP UNS | FAPERTA Kembangkan Jatikuwung sebagai Sentra Pepaya Cikita |

FAPERTA TERIMA HIBAH PERALATAN LABORATORIUM dari GIFU UNIVERSITY, JAPAN

Dekan FP UNS, Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS, didampingi oleh Sekretaris International Office UNS, Dr. Risa Suryana, dan staf kerjasama luar negeri FP UNS, Dr. Komariah mengunjungi Gifu University, Jepang guna meninjau serta mendiskusikan regulasi pengiriman peralatan laboratorium yang akan dihibahkan oleh pihak Gifu University.

 

Hibah peralatan laboratorium ke UNS merupakan salah satu langkah perwujudan kerjasama Gifu University dan UNS, sekaligus sebagai program konsorsium S3 Ilmu Pertanian di wilayah Asia, yang disebut International Consortium  of Universities in South and Southeast Asia Region for the Doctoral Education on the Agricultural Science and Biotechnology (IC-GU12). Peralatan laboratorium tersebut akan diletakkan di laboratorium kerjasama yang disebut “Laboratory Station” or Lab-Station.  Sampai saat ini sudah ada sekitar 170 jenis peralatan laboratorium yang dihibahkan, dari yang berukuran kecil sampai besar, baik baru maupun bekas.

 

Sebagai salah satu program konsorsium IC-GU12 ini, Lab-Station dibangun di tiga universitas, yaitu Universitas Sebelas Maret Surakarta (2014-2015) dengan tema “Laboratory of Environmental Science Field”, kedua adalah Institut Pertanian Bogor (2014-2015) dengan tema “Laboratory of Natural Products and Medicinal”. Terakhir di University of Dhaka, Bangladesh (2015-2016) dengan tema “Laboratory of Biochemistry Field”. Penanggung jawab teknis untuk setting Lab-Station di UNS ini adalah Prof. Masateru Senge dari pihak Gifu University, dan Dr. Komariah dari pihak UNS. Sedangkan ditunjuk sebagai kepala lab adalah Dr. Widyatmani Sih Dewi.

 

“Dengan dibangunnya lab station diharapkan kerjasama internasional di bidang riset dan publikasi dosen-dosen di lingkungan UNS, khususnya di bidang pertanian akan meningkat”, demikian dituturkan oleh Dekan FP UNS, Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS dalam kunjungannya sambil memastikan akan menyiapkan tempat yang layak untuk lab-station ini. Pengiriman beberapa peralatan yang masih berada di Gifu University ke UNS dengan kontainer direncanakan akan dilakukan pada Desember 2014 mendatang.