Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Seminar : Soil Health Managament | HM PELITA : LKTI dan Seminar Nasional AgriXplosion 2018 | FAPERTA Tandatangani Kerjasama Dengan Dinas LHK Jateng | Kuliah Umum : Public Relation di Era Digital | Impikan Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup di Pondok Pesantren, Mahasiswa FP Raih Juara |

FAPERTA Tandatangani Kerjasama Dengan Dinas LHK Jateng

Selasa, 6 November  2018 Fakultas Pertanian UNS menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Hadir dalam penandatanganan kesepakatan kerjasama tersebut adalah Ir. Sigeng Riyanto, M.Sc Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Selain dengan UNS penandatanganan kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah juga dilakukan dengan beberapa perguruan tinggi yang lain diantaranya dengan UNDIP, UNSOED, UNNES.

Salah satu poin dalam kesepakatan kerjasama anatara Fakultas Pertanian UNS dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah adalah pengelolaan hutan Bromo di Kawasan Karanganyar sebagai hutan pendidikan yang akan dikelola oleh Fakultas Pertanian UNS.

Dalam kesempatan sebelum dilakukan penandatanganan kerjasama, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah mengedukasi mahasiswa Fakultas Pertanian UNS melalui program “Gerakan Pungut Sampah” untuk memungut sampah di lingkungan kampus selama 30 menit. Sampah dibedakan dalam kategori yaitu sampah organik dan anorganik kemudian dilakukan penimbangan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa banyak sampah yang ada di lingkungan kampus.

Setelah penandatanganan kesepakatan kerjasama kemudian  dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan Ir. Sugeng Riyanto, M.Sc Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Dengan mengangkat topik “Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jawa Tengah”, Sugeng Riyanto menyampaikan beberapa program kebersihan lingkungan yang telah dilaksanakan diantaranya dengan mengedukasi kepada para pedagang  di pasar Peterongan Semarang dengan program bersih pasar yang dilaksanakan setiap Jum’at minggu petama dan ketiga dengan melibatkan unsur ASN Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kesempatan kuliah umum tersebut Sugeng Riyanto juga memotivasi mahasiswa dengan memberi tantangan agar mahasiswa menciptakan aksi kepedulian lingkungan “kami harapkan  mahasiswa mampu melakukan aksi kepedulian lingkungan dengan men-create lomba lari marathon dengan tujuan untuk mengenal pepohonan dan  dari dinas LHK akan men-suport hadiahnya”  demikian disampaikan Ir. Sugeng Riyanto, M.Sc yang juga alumni FP UNS angkatan tahun 1980.