Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FAPERTA Diskusikan Restorasi Lahan Gambut | FAPERTA Hadirkan Pakar Pertanian Korea Selatan | Prof. Samanhudi : Alumni Jangan Melupakan Almamater | FAPERTA Selenggarakan Silaturahim Tahunan | FAPERTA Lepas Mahasiswa Asal Vietnam Peserta Program AIMS |

FAPERTA Selenggarakan Silaturahim Tahunan

Rabu, 5 Juli 2017 atau bertepatan dengan  bulan Syawal 1438 H Fakultas Pertanian UNS menyelengarakan Silaturahim Tahunan yang dihadiri segenap sivitas akademika Fakultas Pertanian UNS terdiri dari Staf Pengajar, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Dharma Wanita dan staf yang telah purnatugas.

Silaturahim diisi dengan kegiatan tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Eng. Ir. Syafi’i, MT (Dosen Fakultas Teknik UNS). Dalam tausiahnya Dr. Syafi’i menyampaikan beberapa indikator keberhasilan pelaksanaan puasa Ramadhan seseorang, antara lain :

  1. Keikhlasan, dengan puasa Ramadhan seseorang akan terdidik untuk ikhlas karena tanpa keikhlasan maka ibadah yang dilakukan tidak akan bernilai di sisi Allah SWT.
  2. Kejujuran, dengan puasa Ramadhan sesorang akan dilatih tentang kejujuran
  3. Kesabaran, Artinya seorang mukmin harus sabar menjalankan perintah Allah SWT meskipun perintah itu berat, Q.S Al Baqarah ayat 153 : Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.
  4. Terwujudnya keshalihan sosial, Satu bulan penuh di Bulan Ramadhan, kaum muslimin melaksanakan puasa, suatu bentuk ritual keagamaan yang penting bagi pembentukan spiritualitas, moralitas dan solidaritas sosial.
  5. Terwujudnya keshalihan intelektual, Seseorang dikatakan telah meraih kesalehan intelektual manakala yang bersangkutan selalu menggunakan akal atau intektualnya untuk kepentingan kehidupan ini sebagai bagian dari ibadah kepada Allah SWT. Intelektual bisa disalah gunakan untuk kerusakan. Orang yang merancang berbuat jahat, sehingga kehidupan menjadi kacau, demi kepentingan dirinya sendiri, golongan atau orang lain, maka yang bersangkutan tidak menggunakan akal atau intelektualnya secara saleh.

Pada kesempatan yang sama Dekan Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS menyampaikan apresiasi  kepada para tenaga pengajar yang telah menyelesaikan studi S3 baik dari dalam maupun luar negeri.