Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FAPERTA Lepas Mahasiswa Asal Malaysia dan Vietnam Peserta Program AIMS | Kesempatan Berkarir di PT. AGRICON | Prodi Agribisnis Susun SAR AUN QA | SemNas : Pelaksanaan Kebijakan Peternakan | Mahasiswa Prodi PKP Raih Program Hibah Bina Desa (PHBD) |

FAPERTA selenggarakan Lokakarya Nasional Program Studi Kelompok Ilmu Pertanian

Dalam rangkaian Dies Natalis ke 39 Universitas Sebelas Maret,  Fakultas Pertanian bekerjasama dengan Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Se-Indonesia (FKPTPI) menyelenggarakan Lokakarya Nasional yang bertemakan “Pengembangan Pendidikan Tinggi Pertanian di Era Global : Penjaminan Mutu Program Studi melalui Lembaga Akreditasi Mandiri dan Pengembangan Kurikulum Berbasis Capaian Pembelajaran”.  Lokakarya dilaksanakan Sabtu-Minggu, 8 – 9 Mei 2015 bertempat di Aula Fakultas Pertanian UNS dengan dihadiri peserta Dekan, Wakil Dekan dan Ketua Jurusan/Program Studi kelompok Ilmu Pertanian  yang berasal dari perguruan tinggi pertanian se-Indonesia.

Hadir sebagai narasumber dalam lokakarya nasional tersebut adalah Dr. Illah Sailah (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Kemendikbud) dengan menagangkat materi “Pengembangan Kurikulum Berbasis Capaian Pembelajaran”,  serta Didik Suprayogo, M.Sc, Ph.D (FKPTPI) dengan materi “Akreditasi Program Studi Agrokompleks oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM)”. Selain lokakarya dalam acara tersebut juga dilaksanakan deklarasi Perhimpunan Agroteknologi Indonesia (PAGI) dan MoU-Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Dalam sambutannya ketua panitia yang juga ketua PAGI Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.S mengemukakan bahwa tujuan dengan diselenggarakannya lokakarya nasional ini adalah :

  1. Mendeklarasikan secara resmi Perhimpunan Agroteknologi Indonesia (PAGI).
  2. Meningkatkan pemahaman pengelola mengenai penjaminan mutu program studi melalui sistem akreditasi eksternal dan pengembangan kurikulum program studi.
  3. Sosialisasi tentang penjaminan Mutu Program Studi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).
  4. Sosialisasi standar minimal Capaian Pembelajaran Program Studi Agroteknologi/Agroekoteknologi yang telah dirumuskan oleh PAGI dan implementasinya dalam kurikulum Perumusan Standar Minimal Capaian Pembelajaran Program Studi kelompok Ilmu Pertanian oleh tim dari asosiasinya.

Lebih jauh disampaikan bahwa target luaran dari dilaksanakannya lokakarya adalah :

  1. Penandatanganan surat kesepahaman semua Dekan Agrokompleks tentang pemberlakuan LAM.
  2. Terdeklarasinya secara resmi dan tersosialisasi AD/ART PAGI.
  3. Rumusan standar minimal capaian pembelajaran program studi kelompok ilmu pertanian (Agrobisnis, PKP, Ilmu Tanah, ITP dan Pengelolaan Sumber Daya Lahan )