Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Rekruitmen Tenaga Pendamping Mahasiswa / Alumni | FAPERTA Raih Juara I Lomba Kinerja Antar Fakultas/PPs | FAPERTA dan Korem Warastratama Sinergi Siapkan Lahan Agrowisata dan Arboretum | VISITASI BORANG KINERJA | Sistem Pertanian Berkelanjutan Solusi Terciptanya Ketahanan Pangan |

FAPERTA Motivasi Mahasiswa Untuk Berprestasi

Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret,  tanggal 3 – 4 dan 10 – 11 Oktober 2015 menyelenggarakan kegiatan Achievement Motivation Training (AMT) bagi mahasiswa baru angkatan tahun 2015.   Achievement Motivation Training (AMT) dilaksanakan selama empat hari terbagi menjadi dua kelompok besar sehingga setiap program studi mengikuti pelatihan selama dua hari berturut-turut dan dilaksanakan secara bergantian. Achievement Motivation Training (AMT) diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian UNS angkatan tahun 2015 yang terdiri dari enam program studi S1 (Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan, ITP, PKP dan Ilmu Tanah) serta dua program studi DIII (DIII THP dan DIII Agrobisnis). Materi Achievement Motivation Training (AMT) terdiri dari materi kelas dan luar ruangan dan melibatkan tidak kurang dari empat puluh trainer yang telah terlatih dan sebelumnya telah diseleksi melalui audisi. Pelatihan juga dihadiri oleh Master of Trainer Fakultas Pertanian UNS terdiri dari R. Kunto Adi, SP, MP; Agung Wibowo, SP, M.Si; Hanifah Ihsaniyati, SP, M.Si; serta Winny Swastike, S.Pt, MP.

Pembukaan Achievement Motivation Training (AMT) bagi mahasiswa Fakultas Pertanian UNS dibuka oleh Agung Wibowo, SP, M.Si ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali. Pemukulan gong sebanyak tujuh kali dimaksudkan agar mahasiswa selalu teringat dan melaksanakan tujuh hal yaitu Tujuh Kebiasaan Efektif yang merupakan materi Achievement Motivation Training (AMT) yang akan diberikan dalam pelatihan. Tujuh kebiasaan fektif tersebut adalah :

  1. Jadilah Proaktif
  2. Merujuk pada Tujuan Akhir
  3. Dahulukan yang Utama
  4. Berpikir Menang/Menang
  5. Berusaha untuk Memahami Terlebih dulu, Baru Dipahami
  6. Wujudkan Sinergi
  7. Mengasah Gergaji

Sedangkan materi luar ruangan adalah materi outbond yang menekankan kepada implementasi dari teori yang telah diterima oleh peserta sehingga dapat diterapkan didunia nyata melalui permainan. Lebih lanjut Agung Wibowo, SP, M.Si mengemukakan bahwa tujuan dilaksanakannya Achievement Motivation Training (AMT) untuk mahasiswa angkatan tahun 2015 ini adalah sebagai sarana pelatihan bagi mahasiswa baru untuk menjadi seorang mahasiswa yang memiliki kebiasaan efektif menuju terbentuknya karakter mahasiswa yang kuat, dan juga memiliki motivasi berprestasi yang tinggi dimanapun dan kapanpun serta loyal terhadap almamater dan bangsanya. Harapannya, kedepan mahasiswa dapat mengembangkan  kemampuannya secara lebih kreatif.