Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Faperta UNS Fasilitasi Sekolah Tani Digdaya Muda | Pakar Ekonomi Pertanian Belanda Sampaikan Kuliah Umum di FAPERTA | FAPERTA Lepas Mahasiswa Asal Malaysia dan Vietnam Peserta Program AIMS | Kesempatan Berkarir di PT. AGRICON | Prodi Agribisnis Susun SAR AUN QA |

FAPERTA Lokakaryakan RBA 2017/2018

_mg_8192-edit

Dalam rangka pemantapan RBA tahun 2017 dan Penyusunan RBA tahun 2018, Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan kegiatan lokakarya yang dihadiri Dekanat, para Kepala Program Studi, para koordinator unit penunjang dan tenaga admninistrasi pengelola anggaran dan keuangan. Lokakarya dilaksanakan 12 – 13 November 2016 di Djawa Dwipa Resort Karangpandan.

Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 92/PMK.05/2011 tentang Rencana Bisnis & Anggaran, atau yang biasa disebut juga dengan RBA adalah dokumen perencanaan bisnis dan penganggaran tahunan yang berisi program, kegiatan, target kinerja dan anggaran satuan kerja suatu  BLU.  Fungsi dari RBA adalah : sebagai dokumen perencanaan bisnis dan penganggaran satker pengelola keuangan  BLU; sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan satker pengelola keuangan BLU; sebagai dokumen yang menggambarkan pencapaian kinerja satker pengelola keuangan BLU; sebagai dokumen yang menggambarkan proyeksi keuangan satker pengelola keuangan BLU.

_mg_8224-edit

Sedangkan tujuan penyajian Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) untuk memberi informasi mengenai lingkup bisnis dari BLU yang tercermin dalam gambaran umum BLU; kinerja tahun berjalan BLU yang terdiri atas kinerja keuangan dan kinerja non keuangan; Rencana pendapatan dan biaya tahun yang dianggarkan.

“Selain pemantapan RBA tahun 2017 dan penyusunan RBA tahun 2018, lokakarya ini bertujuan sebagai evaluasi dari implementasi RBA tahun 2016 yang saat ini sedang berjalan” demikian dikemukakan Sri Wahyuni, SIP, M.Si selaku ketua panitia lokakakarya.

_mg_8216-edit

_mg_8242-edit