Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FAPERTA Selenggarakan Konferensi Internasional Lingkungan Hidup dan Pertanian Berkelanjutan | Mahasiswa FP UNS Raih Prestasi Penyaji Makalah Terbaik di Thailand | FAPERTA Latih Tendik “Pribadi Yang Penuh Pesona” | FAPERTA Diskusikan Restorasi Lahan Gambut | FAPERTA Hadirkan Pakar Pertanian Korea Selatan |

FAPERTA Latih Tendik “Pribadi Yang Penuh Pesona”

Fakultas Pertanian UNS bekerjasama dengan PT. Jendela Nusantara  selama dua hari 29 – 30 Juli 2017 menyelenggarakan pelatihan softskill bagi tenaga kependidikan dan tim jaminan mutu Fakultas Pertanian UNS. Pelatihan Softskill dilaksanakan di Jepara dan pulau Panjang lepas pantai Jepara Jawa Tengah.

 

“Dengan mengangkat tema “The Magic of Charm”, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan kepada tenaga kependidikan agar nantinya dapat diterapkan di lingkungan kerja dan memberikan efek kepada peningkatan mutu layanan” demikian diungkapkan Heni Prihutami, SH selaku Ketua panitia penyelenggara.

Sementara itu Narji Hidayat motivator dari PT. Jendela Nusantara memaparkan materi bagaimana agar sesorang dapat menciptakan pribadi yang dapat mempesona orang lain dan disegani banyak orang.  “Ada lima hal yang menyebabkan orang lain terpesona kepada diri kita yaitu : Penerimaan; Apresiasi; Persetujuan; Kekaguman; dan Perhatian”.

 

Lebih jauh dijabarkan oleh Narji bahwa :

  1. Aspek Penerimaan, semaksimal mungkin kita dapat menerima orang lain dengan apa adanya termasuk dalam berteman, lawan bicara, bertetangga dll.
  2. Aspek Apresiasi, dalam bergaul kita harus bisa menunjukkan sikap apresiasi dan menghargai orang lain. Dengan ucapan “terima kasih” kepada orang lain maka akan memberikan kesan yang baik dan menghargai.
  3. Aspek Persetujuan, dengan menjadi pendengar yang baik dan memberikan anggukan kepala kepada seseorang, maka hal ini akan memberikan sinyal bahwa kita memberi persetujuan kepada orang lain yang sedang berbicara dengan kita.
  4. Aspek Kekaguman, berikan rasa kekaguman diri anda kepada orang lain atas prestasi dan kemajuan yang telah dicapai.
  5. Aspek Perhatian, dengan memberikan perhatian kepada orang lain berarti anda sudah menghargainya.

“Bagi tenaga kependidikan yang mempunyai tugas pokok dan fungsi pelayanan kepada pemangku kepentingan, kadang dituntut untuk menjadi pendengar yang baik. Maka untuk menjadi pendengar yang baik maka ada beberapa hal yang harus dilakukan anatar lain :  berikan perhatian dan fokus kepada orang yang dilayani; bijak dalam mengambil jeda saat akan memberikan jawaban dan berusaha tidak menyela pembicaraan; memberikan umpan balik berupa pertanyaan, yang berarti diri kita memperhatikan dan mendengar dengan baik” demikian ditambahkan oleh Narji.