Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Rekruitmen Tenaga Pendamping Mahasiswa / Alumni | FAPERTA Raih Juara I Lomba Kinerja Antar Fakultas/PPs | FAPERTA dan Korem Warastratama Sinergi Siapkan Lahan Agrowisata dan Arboretum | VISITASI BORANG KINERJA | Sistem Pertanian Berkelanjutan Solusi Terciptanya Ketahanan Pangan |

FAPERTA Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Salah satu upaya untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga dapat dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan. Selain diperoleh jenis bahan pangan yang beragam, juga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu wilayah yang masih memiliki lahan pekarangan cukup luas sehingga dapat dimanfaatkan untuk bertanam buah-buahan, sayur-sayuran, maupun tanaman obat. Sebagai upaya membantu masyarakat dapat optimalisasi pemanfaatan lahan yang ada, Civitas Akademika Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta turut berperan aktif melalui pemberian informasi dan transfer teknologi budidaya berbagai tanaman dan pengolahan pangan lokal.

Dalam upaya untuk mewujudakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diantaranya adalah pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kecamatan Gondangrejo ,Kabupaten Karanganyar, Sabtu 22 Maret 2014.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan  Dies Natalis UNS ke-38. Pengabdian meliputi Penyuluhan mengenai budidaya tanaman buah-buahan dan tanaman obat di pekarangan, Lomba memasak berbahan baku lokal untuk anggota PKK, Lomba Lukis Anak, dan Pasar murah. Ketua pelaksana kegiatan Dr. Ir. Pardono, MS mengemukakan bahwa tujuan dari pengabdian ini antara lain :

  1. Mengkomunikasikan dan menyebarluaskan informasi, pengetahuan dan teknologi hasil penelitian kepada masyarakat.
  2. Memupuk kebersamaan dan kerjasama antara civitas akademika Fakultas Pertanian dengan masyarakat umum.
  3. Memupuk semangat kegotongroyongan dan sikap peduli kepada sesama.
  4. Turut serta membantu meningkatkan ekonomi dan memberdayakan masyarakat di daerah sasaran untuk lebih produktif.

  Kegiatan ini melibatkan berbagai instansi terkait, anggota PKK se-Kecamatan Gondangrejo, TK se-wilayah Kecamatan Gondangrejo, serta mengikutsertakan masyarakat Kecamatan Gondangrejo.